Sabtu, 05 Mei 2018 10:06 WITA

Tata Kawasan Wisata Sungai Malili, Pemkab Lutim Kucurkan Rp8 Miliar

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tata Kawasan Wisata Sungai Malili, Pemkab Lutim Kucurkan Rp8 Miliar

RAKYATKU.COM - Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menganggarkan Rp8 miliar untuk penataan kawasan wisata sungai Malili. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Lutim.

Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler mengatakan, pariwisata kini menjadi salah satu sektor prioritas Pemerintah, karena diyakini akan mendongkrak pendapatan daerah jika potensinya bisa dimaksimalkan. 

"Makanya tahun ini Pemerintah Daerah akan menata ulang kawasan pusat jajanan atau Pujasera Tanggul Malili agar lebih modern dan representatif, dengan mengucurkan anggaran mencapai Rp8 milyar," ungkapnya Husler pada malam puncak penutupan Festival Sungai Malili, di Lapangan Andi Nyiwi Kota Malili, Jumat (04/05/2018) malam.

Selain menata Pusat Jajanan Kota Malili, Pemerintah juga secara bertahap akan menata ulang taman kota Andi Nyiwi Park. Panataan ulang taman ini akan dibagi menjadi dua tahap. Untuk tahap pertama anggaran yang dikucurkan sebanyak Rp7 milyar lebih dan tahun berikutnya juga akan dikucurkan sekira Rp7,5.

Selain itu, pemerintah daerah juga akan membangun landmark jembatan sungai Malili dengan anggaran senilai Rp190 Juta, sekaligus penataan kawasan di sungai itu sendiri.

"Doakan kami agar apa yang sudah kami rencanakan bisa berjalan sesuai harapan. Tanpa dukungan masyarakat, tentu saja Pemerintah akan kesulitan untuk mengoptimalkan seluruh sektor pembangunan," tambahnya.

Ia juga mengaku sangat mendukung program pemanfaatan sektor pariwisata berbasis masyarakat atau inovasi Commodity Base Tourism (CBT) Morina Matano. 

"Insya Allah, program ini akan kita laksanakan di Kabupaten Luwu Timur," jelas Husler.