Minggu, 29 April 2018 20:10 WITA

Bakal Saingi Pantai Bira dan Bara, Ini Destinasi Baru di Bulukumba

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bakal Saingi Pantai Bira dan Bara, Ini Destinasi Baru di Bulukumba

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Komunitas jelajah wisata Bulukumba yang beranggotakan 87 orang behasil menemukan titik objek wisata baru yang terletak di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulsel.

Titik objek wisata ini sebenarnya tak jauh dari pantai pasir putih Bira yang terkenal hingga Internasional itu. Hanya saja, objek wisata ini terpisah dari lokasi Pantai Bira karena berada diantara Pantai Bira dan Pantai Bara, sehingga gabungan keindahan objek wisata ini dimilikinya.

Karena lokasinya tersembunyi dari akses masyarakat setempat, sehingga mereka menamakan lokasi ini Hidden Beach. Apalagi terbilang masih baru dan pertama kali ditemukannya, akses jalan kendaraan masih sangat susah. Masih harus melewati bukit karang dan pesisir pantai saat air laut sedang surut.

Hari bumi yang jatuh pada tgl 22 April 2018 lalu, menjadi satu momentum aksi peduli sampah oleh komunitas jelajah Wisata Bulukumba ini. Sabtu malam 28 april 2018, hingga minggu pagi mereka menggelar aksi bersih pantai di Hidden Beach dengan mengundang aparat pemerintah setempat yaitu Camat Bontobahari dan dari TNI yang diwakili oleh Danramil Setempat.

Koordintor kegiatan, Amri Said mengutarakan keinginannya menjadikan Hidden Beach sebagai objek wisata terkemuka di Bulukumba. Alasannya, karena keindahannya yang tak kalah dari pantai Bira dan Pantai Bara. 

Panjang pantainya sekitar 700 Meter, dan keindahan alam yang dimiliknya diyakini dapat bersaing dengan sejumlah objek wisata lainnya di Bulukumba termasuk pantai pasir Putih Bira dan Pantai Bara.

"Hidden Beach memiliki keindahan yang dimiliki oleh dua pantai di Bulukumba, yaitu Pantai Bira dan Pantai Bara. Mengapa?, Karena Hidden Beach memiliki pasir yang putih dan halus sepeti yang dimiliki pantai Bira. Disekelilingnya terdapat karang serupa Rockwall yang indah seperti yang dimiliki oleh pantai Bara, bahkan serupa dengan Apparalang," Ujarnya, Minggu (29/4/2018).

Bakal Saingi Pantai Bira dan Bara, Ini Destinasi Baru di Bulukumba

Respon baik ditunjukkan oleh pemerintah setempat, terbukti, Camat Bontobahari, sebagai perwakilan instansi pemerintah dan didampingi oleh Danramil Bontobahari membuka kegitan ini kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pelepasan tukik untuk dikembalikan ke habitatnya.
 
"Untuk memerangi sampah di Kabupaten Bulukumba utamanya di destinasi Pasir Putih Tanjung bira adalah kewajiban kita bersama. Khusus untuk Hidden Beach, kami memulai dengan membersihkan sampahnya yang lumayan menumpuk ini sejauh tiga ratus meter, dari panjang pantai ini sekitar 700 meter," Ungkapnya.

Kedepannya, Hidden Beach  terus dikembangkan oleh komunitas ini, termasuk menyelesaikan persoalan kebersihannya yang didominasi oleh sampah rumah tangga. Hal utama yang dipikirkan oleh Amri Said dan Kawan-kwan ialah akses jalan yang segera dibuka lebih luas lagi.
 

Berita Terkait