Minggu, 29 April 2018 12:02 WITA

Kunjungi Tangkuban Perahu, Sempatkanlah Belanja Belerang

Editor: Nur Hidayat Said
Kunjungi Tangkuban Perahu, Sempatkanlah Belanja Belerang
Rombongan BI Sulsel berswafoto dengan latar Gunung Tangkuban Perahu.

RAKYATKU.COM, BANDUNG - Bank Indonesia (BI) Cabang Sulsel mengajak rombongan awak media asal Makassar untuk mengeksplorasi beberapa lokasi wisata alam ada di Bandung, Jawa Barat.

Pada hari kedua Media Gathering BI Sulsel, Sabtu (28/4/2018), sekitar pukul 10.00 WIB, rombongan memulai perjalanan dengan mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu.

Hamparan pohon pinus di sepanjang jalan menuju Tangkuban Perahu, menambah keasrian wilayah tersebut. Diketahui, jalan raya ke Gunung Tangkuban Perahu itu merupakan lokasi penanaman pohon pinus terbesar di Jawa Barat.

Saat tiba di Gunung Tangkuban Perahu, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang eksotis dan banyak spot foto yang bagus, sehingga wajib rasanya untuk mengabadikan momen saat berada di sana.

Andri, guide yang mengantar rombongan dalam perjalanan mengungkapkan, gunung yang memiliki kaitan erat dengan cerita rakyat Sangkuring ini memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter di atas permukaan laut.

Kunjungi Tangkuban Perahu, Sempatkanlah Belanja Belerang

"Secara topografi, gunung ini menimbulkan getaran, tapi ada lempengan yang menahannya. Tapi ini (Tangkuban Perahu) tetap aman dikunjungi," ujarnya.

Di sekitar Tangkuban Perahu, banyak toko-toko kecil yang menjual berbagai suvenir seperti baju, tas rajut, syal, tas, kupluk, sarung tangan, masker, dan masih banyak lagi. 

Di samping itu, juga ada jajanan seperti jagung dan bakso bakar, yang memang cocok disantap di tengah suhu yang sangat dingin.

Tak jarang, pedagang akan menghampiri setiap pengunjung dan dengan ramah menawarkan dagangannya.

Andri juga menceritakan, beberapa kawah Tangkuban Perahu masih menunjukkan tanda-tanda aktif dengan mengeluarkan gas belerang. Tiga kawah terkenal di antaranya kawah badak, kawah ratu, dan kawah siluman.

"Tak heran jika ada beberapa pedagang yang jual belerang, karena dari segi kesehatan belerang ini banyak manfaat, salah satunya menyehatkan kulit," ujarnya.

Seteleh puas mengabadikan momen dan membeli beberapa buah tangan di Tangkuban Perahu, rombongan BI Cabang Sulsel, kemudian melanjutkan perjalanan ke Floating Market, Farm House Lembang, dan Cihampelas.