Kamis, 12 April 2018 14:36 WITA

Celebes Halal Tourism Community Teken MoU dengan LPPOM MUI Sulsel

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Celebes Halal Tourism Community Teken MoU dengan LPPOM MUI Sulsel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Celebes Halal Tourism Community bersama Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Sulsel melakukan penandatangan MoU di Aston Makassar Hotel & Convention Center, Kamis (12/4/2018).

Pada kesempatan tersebut dihadiri oleh Direktur LPPOM MUI Sulsel, Tajuddin Abdullah, President Celebes Halal Tourism Community, Azhar Gazali, Ketua Halal Center UMI, Muhammad Nusran, Sekjen Celebes Halal Tourism Community, Joko Budi Jaya beserta Jajaran LPPOM MUI.

"Penandatanganan Mou pada hari ini, bertujuan penting untuk mempercepat destinasi halal di Sulawesi Selatan, dimana kita mengetahui dalam beberapa tahun terakhir ini baru 3 restaurant yang tersertifikasi halal,” kata Direktur LPPOM MUI, Tajuddin Abdullah.

Kerjasama kedua belah pihak ini merupakan bentuk kerjasama yang pertama kali dilakukan antara sebuah komunitas. Tujuannya untuk menonjolkan Sulawesi Selatan menjadi provinsi pelabuhan dan pariwisata halal pertama secara keseluruhan.

Penerapan sertifikasi halal restoran dan rumah makan ini juga diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat konsumen serta meningkatkan pemasarannya.

“Mengetahui restoran dan rumah makan telah tersertifikasi halal, membawa dampak positif untuk konsumen, karena makanan yang halal sudah pasti aman dan sehat untuk dikonsumsi. Mulai dari cara pemotongannya hingga mengolahnya menjadi makanan siap saji,” ungkap Ketua Halal Center UMI, Muhammad Nusran.

Aston Makassar Hotel sendiri, telah menerapkan konsep halal ini secara konsisten tepat pada tanggal 22 September lalu, kemudian ditunjuk sebagai Duta Halal pada awal Januari. 

"Aston memiliki peran untuk mengajak seluruh pemeran pariwisata Makassar untuk bersama-sama mensertifikasi restoran dan rumah makan agar mampu menyediakan akomodasi yang ramah untuk wisatawan muslim dalam penyediaan makanan yang terjamin," ucap Joko Budi Jaya, selaku General Manager Aston Makassar sekaligus Sekjen Celebes Halal Tourism Community.