Sabtu, 07 April 2018 06:00 WITA

Wisata Pulau, Ini Tiga Negara yang Memiliki Pulau Terbanyak

Editor: Adil Patawai Anar
Wisata Pulau, Ini Tiga Negara yang Memiliki Pulau Terbanyak

RAKYATKU,COM - Indonesia dikenal sebagai negara maritim yang memiliki banyak pulau. Namun untuk negara dengan jumlah pulau terbanyak, ternyata Indonesia bukan juaranya.

Sejak zaman sekolah dasar, hampir semua guru geografi mengajarkan pada kita perihal betapa banyaknya jumlah pulau di Indonesia yang memanjang dari Sabang sampai Merauke.

Faktanya, Indonesia memang memiliki belasan ribu pulau. Baik yang telah dihuni maupun tidak berpenghuni. Dilansir detik.com, dari situs Kementerian Kelautan dan Perikanan, data dari tahun 2015 hingga 2017 menyebutkan kalau Indonesia telah mensertifikasi sekitar 16.056 pulau.

Sedangkan menurut data dari Pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal) tahun 2017 lalu, mereka mengklaim kalau Indonesia memiliki sekitar 17.500 pulau.

Lain lagi dengan data survey tahun 2002 silam dari pihak National Institute of Aeronautics and Space (NASA), mereka mengklain kalau Indonesia memiiliki 18.307 pulau.

Hampir semua pihak memiliki data sendiri terkait jumlah pulau di Indonesia yang berbeda satu sama lain. Namun taruhlah jumlah tertinggi, Indonesia mungkin saja memiliki sekitar 18.307 pulau.

Belasan ribu pulau di Indonesia tentu bukan jumlah yang sedikit. Hanya apabila dikomparasi dengan negara lain, ternyata ada yang memiliki jumlah pulau lebih banyak dari Indonesia.

Finlandia misalnya, diestimasi memiliki jumlah pulau sekitar 179.584. Data itu pun dirilis dari pihak tourism board Finlandia.

Selain Indonesia dan Finlandia, ternyata Swedia memiliki jumlah pulau yang mengungguli keduanya. Berdasarkan data statistik Swedia tahun 2013, diketahui ada sekitar 267.570 pulau di sana. Di mana sekitar 984 pulaunya telah dihuni.