Kamis, 05 April 2018 12:35 WITA

Pendakian Gunung Semeru Sudah Dibuka

Editor: Adil Patawai Anar
Pendakian Gunung Semeru Sudah Dibuka

RAKYATKU.COM - Gunung Semeru di Jawa Timur sudah dibuka kembali pendakiannya sejak Rabu (4/42018). Di Hari pertama dibuka ada 38 orang naik ke sana.

"Ada 38 pendaki, saya belum cek tapi dari Malang ada," ujar Kepala Resort Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Wilayah Ranupani, Agung Siswoyo kepada dilansir detik.com.

Agung menjelaskan, untuk pendakian ke Gunung Semeru dapat memesan melalui booking online di website resmi Bromo Tengger Semeru. Atau, tinggal klik saja di internet 'Booking Online Semeru' nanti akan keluar.

"Sekarang sudah tidak bisa on the spot lagi, harus melalui booking online. Sudah mulai 1 Oktober 2017 kemarin," katanya.

Dalam satu waktu, menurutnya Gunung Semeru dapat dipenuhi oleh 600 orang. Itu adalah batas maksimalnya. 
"Dulu pernah sampai 1.000-3.000 pendaki dalam satu waktu, tapi kini kita batasi hanya 600 pendaki saja maksimalnya. Rata-rata, per hari kunjungan pendakian Gunung Semeru ini 200-an orang," terangnya.

"Di tahun 2017 lalu, total pendaki di Gunung Semeru sebanyak 59 ribu orang," tambah Agung.

Agung mengingatkan, para pendaki harus membawa surat kesehatan saat registrasi di pintu masuk Gunung Semeru. Asyiknya, kini terdapat pelayanan kesehatan 24 jam di Ranu Pani dari Rumah Sakit Bhayangkara, Luamajang.

"Dulu kan ada saja alasan tidak bawa surat kesehatan dan selain itu surat kesehatannya harus real time 1 hari sebelum mendaki. Sekarang sudah ada di Ranu Pani, jadi bisa dilakukan di sana," tutup Agung.