Minggu, 18 Maret 2018 08:46 WITA

GenPI Siap Majukan Pariwisata di Sulsel

Editor: Nur Hidayat Said
GenPI Siap Majukan Pariwisata di Sulsel
Deklarasi GenPI.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pecinta pariwisata di wilayah Sulsel mendeklarasikan komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Sulsel di Hotel Arthama, Sabtu malam (17/3/2018).

GenPi merupakan komunitas yang digagas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk memajukan potensi wisata di Indonesia.

Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi, Don Kardono, mengatakan dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, ada 20 provinsi yang telah me-launching dan mendeklarasikan GenPI.

"Kemenpar ingin semua provinsi di Indonesia punya GenPi. Karena kedepan akan ada program dari kementerian, untuk mempromosikan destinasi wisata melalui media Digital Pariwisata Indonesia," tuturnya.

Ia menerangkan, dengan online, GenPi bisa membuat destisani pariwisata menjadi trending topic, dan membuat hal positif lainnya menjadi viral. Sementara untuk offline, GenPI sering ngumpul-ngumpul bikin event dan berpartisipasi di berbagai event pariwisata.

"80 persen anak muda di Indonesia aktif di dunia maya, kenapa tidak kita coba untuk mengarahkan hal itu ke hal yang positif, misalnya memperkenalkan destinasi wisata hingga ke mancanegara," kata dia.

GenPI Siap Majukan Pariwisata di Sulsel

Menurutnya, pembangunan pariwisata adalah jalan tercepat untuk mensejahterahkan bangsa. Pasalnya, saat ini, pariwisata sudah menyumbang PDB (Produk Domestik Bruto) nomor dua untuk Indonesia.

"Dengan deklarasi ini, GenPI tentu siap mensejahterahkan Indonesia melalui pariwisata. Tapi di sini, GenPI tidak asal bermedsos, tentu ada kode etiknya, seperti postingan tidak menyebar hoaks, tidak mengandung unsur politik dan sara. Intinya, GenPI harus berpegang pada etika dan literasi media sosial," terang Don.

Seperti diketahui, anggota GenPI ini berasal dari netizen aktif, traveller, pecinta kuliner, blogger, fotografer, dan vlogger.