Selasa, 14 Juni 2016 13:47 WITA

Diborong Calo, Tiket Mudik dari Pelabuhan Makassar Habis

Penulis: Nurhikmah
Editor: Jumardin Akas
Diborong Calo, Tiket Mudik dari Pelabuhan Makassar Habis
ilustrasi kapal laut

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bagi calon pemudik yang ingin pulang kampung dengan menggunakan kapal laut nampaknya akan sedikit kecewa. 

Sebab, saat ini, hampir seluruh tiket kapal laut untuk pelayaran dari pelabuhan Makassar mulai tanggal 15 juni hingga 28 Juni mendatang sudah habis terjual.

Salah satu  agen travel resmi PT Pelni yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, saat ini mereka sudah tidak bisa melakukan penjulan tiket kapal Pelni untuk pelayaran mulai Rabu (15/6/2016) hingga Selasa (28/6/2016).

"Tidak tahu ini, kita sudah tidak bisa jual tiket, jadi biar ada yang mau pesan, tetap tidak bisa. Ini mungkin karena calo yang pesan jauh-jauh hari kemudian dijual mahal," katanya saat ditemui di kantornya di bilangan Jalan Sangir, Selasa (14/6/2016).

Tindakan percaloan ini dibenarkan oleh salah satu calon penumpang, Sulastri. Mahasiswa yang berencana mudik ke Balikpapan ini terpaksa membeli tiket dari calo. Lastri yang merencanakan pulang kampung  pada tanggal 25 ini mengaku kehabisan tiket. 

Loading...

"Iya, nanti aku cari di pelabuhn saja kalau sudah mau berangkat. biasanya ada yang jual di pelabuhan, Karena di travel katanya sudah habis," katanya. 

Secara keseluruhan, ada 14 kapal laut milik PT  Pelni yang berlayar melalui pelabuhan Makassar. Diantaranya, Siguntang, KM Egon, Doro Londa, Binaiya, Umsini, Ciremai, Sinabung Lambelu, Sirimau, Tilong Kabila, Dobonsolo, Leuser, Tidar dan Gunung Dempo. Sedangkan, Wilis dan Labobar mulai awal tahun 2016 tidak lagi berlayar melalui pelabuhan Makassar.  

Dua belas kapal milik PT Pelni ini sebenarnyaa melayani 30 rute  pelayaran dari dan ke pelabuhan Makassar periode 15-28 Juni 2016.  Rute-rute yang dilayani seperti Balikpapan, Maumere, Namlea, Bau-bau, Labuang Bajo, Surabaya dan Batulicin. 

Loading...
Loading...