Kamis, 01 Maret 2018 11:39 WITA

Inilah Negara Pemegang Paspor Terkuat di Dunia

Editor: Suriawati
Inilah Negara Pemegang Paspor Terkuat di Dunia
Foto: Shutterstock

RAKYATKU.COM - Singapura dan Jepang memiliki paspor yang paling kuat di dunia untuk 2018, menurut indeks pembatasan visa yang disusun oleh Henley Passport Index.

Menurut indek tersebut, paspor Singapura dan Jepang memberi warga negara mereka kesempatan untuk melakukan perjalanan bebas visa ke 180 negara di seluruh dunia.

Kedua negara tersebut melampaui Jerman yang berada di peringkat atas pada tahun 2017. Sekarang, negara ini turun satu peringkat ke urutas dua, dengan perjalanan tanpa visa ke 179 negara.

Di urutan ketiga adalah paspor Prancis, Italia, Spanyol, Denmark, Finlandia, Swedia dan Korea Selatan. Mereka semua memiliki akses bebas visa ke 178 negara.

Indonesia berada di urutan 69, bersama Swaziland, dengan jumlah bebas visa 70 negara.

Inilah Negara Pemegang Paspor Terkuat di DuniaDi peringkat bontot, paspor paling tidak kuat adalah Afghanistan, yang hanya mengizinkan akses bebas visa ke 24 negara.

Untuk tahun kedua berturut-turut, Irak, Suriah dan Pakistanjuga berada di bagian bawah, dengan masing-masing jumlah bebas 27,28 dan 30.

Indeks tersebut diterbitkan setiap tahun dan didasarkan pada jumlah negara yang yang memberi akses kepada seseorang tanpa memerlukan visa. Datanya diperoleh dari International Air Transport Association.

Tags