Sabtu, 17 Februari 2018 17:34 WITA

Menyusuri Goa Pindul Yogyakarta, Wisata Air Penuh Mitos

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Menyusuri Goa Pindul Yogyakarta, Wisata Air Penuh Mitos

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Bagi anda yang sedang berada di Jogjakarta, tidak ada salahnya menjajal salah satu tempat wisata yang sedang populer di Jogja belakangan ini, yakni Goa Pindul. 

Rakyatku.com pekan lalu mendapatkan kesempatan untuk menikmati sensasi berbasah-basah di dalam Goa yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat ini pun ramai wisatawan dari berbagai penjuru. Maklum, Goa Pindul memang punya daya tarik keindahan dan keunikan tersendiri. 

Tour Guide Goa Pindul, Ilham, yang memberi penjelasan terkait tempat wisata tersebut menuturkan, Goa Pindul memiliki panjang kurang lebih 350 meter, penyusuran dapat ditempuh dengan waktu normal 40-60 menit. Durasi waktu tergantung situasi, kondisi dan keinginan pengunjung sendiri.

Menyusuri Goa Pindul Yogyakarta, Wisata Air Penuh MitosLebar antar dinding rata-rata 4 meter, ketinggian dari permukaan air dengan dinding atas sekitar 5 meter dan kedalaman air sungai sekitar 1-12 meter.

"Namun ada salah satu zona sempit yang hanya dapat di lewati dengan 1 ban/tubing saja. Ini adalah alasan kenapa penyusuran goa pindul hanya menggunakan ban, bukan sampan atau perahu karet. Oleh sebab itu wisata ini kami beri nama Cave Tubing Pindul," katanya.

Sebelum memasuki goa, wisatawan wajib mengenakan jas pelampung, sepatu atau sendal khusus untuk naik ke dinding gua nantinya. Tidak lupa ban besar yang akan digunakan sebagai alat yang membantu menikmati goa.

"Tidak ada batasan usia atau jumlah minimum peserta untuk menyusuri Gua ini, karena sangat aman untuk segala usia. Dan berapapun jumlah peserta yang berkunjung, kami pengelola akan selalu siap untuk melayani dengan sebaik-baiknya di sini," ujarnya.

Menyusuri Goa Pindul Yogyakarta, Wisata Air Penuh MitosDi Goa Pindul terbagi menjadi 3 zona atau ruangan. Zona pertama yakni zona terang dengan kedalaman air nya bervariasi antara 1 hingga 5 meter. 

Ilham menjelaskan,  setelah masuk mulut Goa, terdapat stalaktit terbesar ke 3 di Goa Pindul dengan panjang kurang lebih 1 meter dengan diameter hampir 1 meter pula.

Memasuki zona dua yakni zona remang ditandai dengan stalaktit gapura, sekaligus menjadi gapura pembatas antara zona terang ke remang.

Di zona remang ini kedalaman airnya sekitar 9 meter. Agak ke depan, sebelah atas terdapat spesies kelelawar jenis pertama yaitu pemakan buah, atau biasa disebut juga kalong atau codot oleh warga setempat. Ukuran kelelawar ini cukup besar. Dahulu, jumlah kelelawar mencapai ratusan ribu, namun sekarang tinggal beberapa saja.

Menyusuri Goa Pindul Yogyakarta, Wisata Air Penuh MitosMasuk zona terakhir yakni, zona gelap abadi dengan kedalaman airnya mencapai 12 meter. Sebelum masuk, pengunjung akan melihat batu costum. Batu ini menjadi gapura perbatasan dari remang ke gelap abadi.

"Di zona ini terdapat ruangan dulunya adalah tempat bertapa pada zaman kerajaan Mataram yaitu Ki Juru Martani. Sebagian warga pun masih ada yang percaya dan melakukan ritual di sebuah ruangan tersebut," kata Ilham.

Selain keindahan dan keseruan berwisata, Gowa Pindul juga semakin unik dengan brand mitos nya. Salah satu mitos yang terkenal yakni bebatuan yang terdapat di tempat wisata ini bisa membuat perkasa juga awet muda.