Sabtu, 10 Februari 2018 19:53 WITA

Air Terjun Sumullung, Tujuan Wisata Baru di Enrekang

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Air Terjun Sumullung, Tujuan Wisata Baru di Enrekang

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Bagi anda yang sedang mencari tempat untuk menghabiskan akhir pekan, mungkin air terjun yang berada di pedalaman Enrekang ini, layak dimasukkan dalam daftar referensi anda.

Air Terjun Sumullung berada di Dusun Ba'ka, Desa Pundilemo, Kecamatan Cendana, Enrekang. Lokasinya bisa diakses dengan berkendara sekitar 30 menit dari pusat Kota Enrekang, kemudian dilanjut dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak di tengah hutan sepanjang 1 km.

Tapi tenang saja, lelahnya perjalanan dipastikan akan lenyap seketika tatkala perjalanan telah sampai ke lokasi air terjun. Pepohonan rindang dan gemericik air yang meluncur dari ketinggian kurang lebih 15 meter ini dipastikan akan membayar lunas lelah selama perjalanan.

Tak hanya air terjunnya yang bisa menjadi daya tarik di lokasi ini. Di sekitaran air terjun juga terdapat banyak bebatuan besar yang tersusun rapi dengan ikatan akar-akar pepohonan.

Tak perlu khawatir dengan biaya tiket masuk. Pengunjung Air Terjun Sumullung masih digratiskan. Ini dikarenakan, hingga kini masyarakat setempat belum mengelola salah satu potensi wisata ini.

Kepala Dusun Ba'ka, Ismail mengungkapkan jika keinginan mengelola Air Terjun Sumullung menjadi lokasi pariwisata sudah lama direncanakan. "Masyarakat setempat sudah lama merencanakan. Tapi kita masih terkendala di persoalan modal. Jadi sampai sekarang belum ada tindaklanjut," kata Ismail.