Selasa, 06 Februari 2018 16:37 WITA

Soppeng Jadikan Tuan Rumah Festival Budaya I Lagaligo

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Soppeng Jadikan Tuan Rumah Festival Budaya I Lagaligo
Ilustrasi. Int.

RAKYATKU.COM, SOPPENG - Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Soppeng dan Tim dari Universitas Hasanuddin melakukan rapat koordinasi terkait Penyelenggaran Festival I La Galigo, Selasa (06/02/2018). 

Kali ini Kabupaten Soppeng dipercaya untuk menjadi tuan rumah festival budaya tersebut.

"Berdasarkan hasil rapat, festival budaya tersebut akan digelar pada Oktober 2018 mendatang. Jadwal tersebut diundur dari perencanaan sebelumnya yakni bulan Juli, Ini dikarenakan kesibukan kegiatan Pemkab Soppeng dan Unhas sendiri," ungkap Menurut Kepala BPPD Soppeng, Farouk Adam.

Selain itu, pemilihan bulan Oktober sebagai waktu pelaksanaan juga karena bertepatan dengan bulan Bahasa dan Sastra Nasional, serta Kongres Budaya Nusantara.

"Team Kepanitiaan Unhas yang dipimpin oleh  dr Muchlis Hadrawi akan menangani kegiatan Seminar Internasional I La Galigo, termasuk mengundang Pakar dan Narasumber budaya dari manca negara, yakni dari Amerika, Belanda, Inggris, Prancis, Spanyol, China,  Malaysia, dan Brunei Darussalam," tambahnya.

Rencananya, festival ini akan dihelat di Watan Soppeng, Kecamatan Marioriawa, dan titik Nol Umpungeng serta beberapa lokasi yang akan ditentukan kemudian sesuai dengan rancangan kegiatan.

Acara tersebut nantinya akan diisi dengan Seminar Budaya yang akan dibawakan oleh Pakar Budaya dari dalam dan luar negeri, selain itu akan ada pertemuan Raja-Raja dan Sultan Se Nusantara, serta akan dimeriahkan dengan berbagai macam  pertunjukan budaya.