Sabtu, 03 Februari 2018 09:37 WITA

Genjot Kunjungan Wisman, Kemenpar Ubah Struktur Organisasi

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Genjot Kunjungan Wisman, Kemenpar Ubah Struktur Organisasi

RAKYATKU.COM - Kementerian Pariwisata terus berupaya untuk menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara. Salah satu upaya yang akan ditempuh adalah mengubah struktur organisasi kementerian.

Diketahui, target kunjungan wisatawan mancanegara tahun ini mencapai 17 juta orang. 

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan, kalau langkah tersebut tidak diambil maka target tersebut akan susah tercapai.

"Kalau organisasi tidak diubah, susah target dicapai," ungkapnya, yang dikutip dari Kontan, Sabtu (3/2/2018).

Ia menjelaskan, dengan perubahan organisasi Kementerian Pariwisata, pemasaran pariwisata akan lebih difokuskan pada wisatawan, yang dinamakan "customer centric strategy".

Menurut Arief, dengan perubahan pola ini, pemasaran pariwisata akan dibuat fokus. Pejabat yang menangani pemasaran, akan diberi tugas khusus menangani satu wilayah. 

"Misalnya China, itu dipegang I, Australia I, Eropa I asisten deputi, beda dengan dulu yang China, India dan Asia Pasifik hanya dipegang satu orang saja," katanya.

Arief menambahkan, perubahan fokus tersebut tidak berdampak kepada perubahan organisasi di Kementerian Pariwisata. Maklum, tahun ini pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 17 juta orang.