Kamis, 01 Februari 2018 10:53 WITA

BNI Sumbang Motor Sampah untuk Kawasan Wisata Tanjung Bira

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
BNI Sumbang Motor Sampah untuk Kawasan Wisata Tanjung Bira

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) tbk memberikan bantuan berupa dua unit motor sampah, yang akan beroperasi di kawasan wisata Tanjung Bira. Dua motor tersebut berasal dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang dikeluarkan bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Armada kebersihan ini diserahkan langsung oleh Direktur BNI Pusat, Bob Tyasika Ananta, kepada Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto, di rumah jabatan Bupati Bulukumba.

Bob Tyasika yang pertama kalinya berkunjung ke Bulukumba, mengunjungi tempat wisata Tanjung Bira dan kawasan pembuatan perahu. Ia mengaku kagum dengan potensi wisata yang dimiliki Bulukumba.

Menurutnya, pasir putih Bira tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang ada di Eropa, tinggal pemerintah dan masyarakatnya harus mengelolanya dengan baik, dan mengemasnya sebagai karya yang tidak ada duanya.

“Kami (BNI) hadir untuk melayani masyarakat Bulukumba. Saya merasa daerah ini bukan daerah yang terjauh dari ukuran Jakarta, sangat menyenangkan berada di daerah ini. Pantai Bira itu mirip pantai di Perancis,” ujar Bob 

BNI Sumbang Motor Sampah untuk Kawasan Wisata Tanjung BiraIa menambahkan, keberadaan Bank BNI memiliki misi untuk berkonstribusi kepada masyarakat luas dalam pengembangan ekonomi masyarakat. Tahun 2017, secara nasional BNI telah mengucurkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) hampir Rp1 triliun. Di kantor BNI Cabang Bulukumba sendiri mencapai Rp32 milyar dan ke depan bisa mencapai target Rp48 milyar rupiah.

Pria yang mengaku pernah ditugaskan di Eropa ini sedikit terperangah dan memuji kearifan lokal Bulukumba, khususnya para Panrita Lopi yang telah menghasilkan karya perahu Pinisi. Ia berpikir Pinisi ini seharusnya memiliki harga 10 kali lipat dengan perahu atau kapal yang dibuat secara massal, oleh karena Pinisi hanya satu-satunya di dunia dan dibuatnya di Bulukumba

Sementara itu, Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengapresiasi pihak Bank BNI atas bantuan motor sampah yang diperuntukkan untuk tempat wisata Bulukumba. 

Tomy mengatakan, pihaknya akan terus mendorong adanya kerjasama dengan perbankan dalam pengembangan ekonomi masyarakat. 

“Dari total PDRB Bulukumba, sektor pertanian perkebunan masih mendominasi sebanyak 42 persen. Jadi pihak perbankan tidak perlu ragu untuk memberikan kucuran bantuan dana kepada para petani karena saat ini pemerintah telah memproteksi para petani melalui asuransi,” pinta Tomy.

Menurutnya, ada penurunan PDRB di sektor pertanian, namun diharapkan sektor lainnya bisa lebih meningkat seperti sektor jasa dan pariwisata. Oleh karena tahun 2018 menjadi momentum yang baik untuk industri kepariwisataan, sehingga BNI juga diharapkan menjadi mitra pemerintah untuk sektor ini.

Turut hadir pada acara silaturrahim dan penyerahan armada kebersihan ini, Sekretaris Daerah Andi Bau Amal, Asisten Pembangunan Djunaidi Abdillah, Kadis Keuangan Andi Mappiwali, Kadis Pendapatan Andi Sufardiman dan Kepala Cabang BNI Bulukumba Andi Muh Yusuf.