Minggu, 21 Januari 2018 10:55 WITA

Menikmati Gugusan Pulau Sembilan di Atas Gunung Karampuang Bulukumpa

Editor: Almaliki
Menikmati Gugusan Pulau Sembilan di Atas Gunung Karampuang Bulukumpa

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Mengisi waktu liburan pada akhir pekan, tak ada salahnya jika mengajak keluarga mendaki ke gunung Karampuang, Desa Barugae Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba.

Mendaki di Gunung Karampuang tidaklah seperti mendaki gunung pada umumnya, yang harus menggunakan jaket tebal, tas carol, atau menggunakan sepatu pemanjat gunung yang khusus. Mengapa? Karena untuk mencapai puncak gunung Karampuang sendiri, cukup menancap gas kendaraan, sudah bisa sampai ke puncaknya.

Akses jalan menuju puncak gunung tingginya hanya mencapai 200 meter dari pemukiman warga ini sudah mulus dan beraspal, sehingga mengunjungi puncak gunung ini sangatlah mudah. Pengunjung juga tidak perlu mengeluarkan uang karcis dan biaya parkir, semuanya gratis. Yang terpenting menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Setiap akhir pekan, tempat ini sangat ramai dikunjungi warga, bahkan komunitas pecinta alam, baik umum maupun yang ada di sekolah, suka mendirikan tenda di lokasi ini untuk berkemah pada akhir pekan.

Saat Rakyatku.com bersama keluarga ikut menikmati keindahan puncak gunung Karampuang, banyak muda-mudi ikut menikmati keindahan gugusan pulau Sembilan Kabupaten Sinjai dari lokasi ini. Pengunjung disuguhkan dengan keindahan alam dari puncak, dengan melihat aktivitas kendaraan yang berlalulalang di Trans Sulawesi Bulukumba-Sinjai.

Menikmati Gugusan Pulau Sembilan di Atas Gunung Karampuang Bulukumpa

Devi, salah seorang pengunjung yang datang dari Makassar misalnya, bersama teman-temannya, dia berswafoto dengan spot gugusan pulau Sembilan fan aktivitas jalan raya serta pemukiman warga.

"Cantik untuk foto-foto, selfie bareng teman. Apalagi kalau pakai teropong melihat keindahan pulau yang di sebelah (Pulau Sembilan Sinjai)," ujarnya.

Di puncak gunung, terdapat batu lapang, sehingga pengunjung leluasa bergerak mencari titik-titik foto yang sesuai selera. Bahkan koneksi internet di daerah ini sangat bagus, dengan kekuatan 4G yang mencapai kecepatan 1000 Mbps/Detik.

Artinya pengunjung yang hendak berlama-lama berselancari di dunia maya sambil mengunggah ke sosial media aktivitas mereka di atas gunung, sangatlah memungkinkan.

Ke depannya, daerah ini akan semakin ramai, apalagi setelah pemerintah desa memutuskan membangun kantor desa di atas puncak gunung Karampuang. Sehingga akses pengunjung kian dimudahkan.

Sekadar diketahui, cerita warga setempat, gunung Karampuang memiliki peranan penting dalam tatanan pemerintahan Bulukumba. Konon, Gunung Karampuang dijadikan sebagai tempat bertemunya raja Bulukumba dan Sinjai, untuk berdiskusi tentang pemerintahan.

Karampuang berasal dari dua suku kata, Karaeng dan Puang yang sama-sama diartikan sebagai orang mulia. Karaeng digunakan oleh suku Makassar, sedangkan kata puang digunakan oleh suku Bugis. Karena lokasi ini menjadi titik pertemuan antara dua suku ini, maka diambillah nama Karaeng Puang, yang sekarang menjadi Karampuang.