Minggu, 21 Januari 2018 08:50 WITA

Gua Bawah Laut Terpanjang di Dunia Ditemukan di Meksiko

Editor: Suriawati
Gua Bawah Laut Terpanjang di Dunia Ditemukan di Meksiko
Foto: Reuters

RAKYATKU.COM - Gua bawah laut terbesar dan terpanjang di dunia telah ditemukan oleh penyelam di Meksiko. Diyakini bahwa penemuan tersebut dapat membantu menjelaskan peradaban Maya kuno.

Gua bawah laut ini ditemukan oleh para penyelam yang tergabung dalam Gran Acuifero Maya (GAM), sebuah proyek yang didedikasikan untuk studi dan pelestarian perairan bawah tanah semenanjung Yucatan. Dikatakan bahwa gua itu memiliki panjang 216 mil (347km) dan berhasil diidentifikasi setelah menjelajahinya selama berbulan-bulan.

Proyek tersebut menemukan bahwa sistem gua yang dikenal dengan Sac Actun, yang pernah diukur memiliki panjang 163 mil, sebenarnya terhubung dengan gua lain, Dos Ojos sepanjang 53 mil.

Gua Bawah Laut Terpanjang di Dunia Ditemukan di MeksikoDirektur GAM dan arkeolog bawah air Guillermo de Anda, memuji penemuan ini sebagai sesuatu yang menakjubkan.

Dia juga mengatakan akan membantu untuk memahami budaya daerah setempat, yang didominasi oleh peradaban Maya sebelum penaklukan Spanyol.

Semenanjung Yucatan dipenuhi dengan peninggalan monumental orang-orang Maya. Mereka dikenal memiliki kota yang memanfaatkan jaringan lubang luas, yang terhubung dengan perairan bawah tanah, yang dikenal sebagai cenotes.

Tags