Rabu, 03 Januari 2018 16:41 WITA

Di Tengah Kontroversi, Dubai Resmikan Bingkai Raksasa-nya

Editor: Suriawati
Di Tengah Kontroversi, Dubai Resmikan Bingkai Raksasa-nya
Foto: Via Daily Mail

RAKYATKU.COM - Bingkai foto raksasa di Dubai akhirnya dibuka, meski menghadapi kontroversi terkait kekayaan intelektual.

Bingkai ini terdiri dari dua menara setinggi 150 meter dengan lebar 93 meter, yang terhubung dengan jembatan setinggi 100 meter, dan semuanya dilapisi dengan pelapis emas.

Dari jembatan yang menghubungkan kedua menara tersebut, wisatawan dapat mengambil snapshot dari panorama kota, dengan 'Old Dubai' di utara dan 'New Dubai' di selatan.

Dinamai The Frame, ini diharapkan akan menjadi "titik penarik yang penting bagi pengunjung turis dan penduduk, dan diharapkan dapat menarik hampir 2 juta turis per tahun."

Di Tengah Kontroversi, Dubai Resmikan Bingkai Raksasa-nyaSayangnya, di balik keindahan dan kemegahannya, bingkai raksasa ini tersangkut kontroversi, di mana seorang arsitek mengklaim bahwa idenya telah dicuri.

Sang arsitek, Fernando Donis dari Meksiko awalnya memenangkan hadiah $100.000 pada tahun 2008 setelah keluar sebagai juara dalam lomba membuat "struktur lambang tinggi untuk mempromosikan wajah baru Dubai."

Lomba itu diselenggarakan oleh perusahaan lift Jerman Thyssen Krupp bekerja sama dengan Unyco-affiliated International Union of Arsitek (UIA).

Setelah diterbangkan ke Dubai, Donis menerima sebuah kontrak namun menolak untuk bertanda tangan dengan alasan itu membatasi keterlibatannya dalam proyek.

Jika dia menandatanganinya, dia mengatakan bahwa dia harus menyerahkan kekayaan intelektualnya. Kesepakatan tersebut juga bisa saja dibatalkan sewaktu-waktu berdasarkan persyaratan kontrak dan dia tidak dapat mempromosikan proyek tersebut sebagai proyeknya sendiri.

Donis mengklaim bahwa Dubai kemudian menyewa perusahaan konstruksi, mengubah desain dan mulai membangun tanpa dia.

Daily Mail melaporkan bahwa pemerintah kota belum mengomentari masalah tersebut.

Tags