Kamis, 28 Desember 2017 08:20 WITA

Pengunjung Lovely December Membeludak

Editor: Almaliki
Pengunjung Lovely December Membeludak
Acara di Lovely December

RAKYATKU.COM, TORAJA UTARA - Lovely December menjadi acara untuk menarik para wisatawan mancanegara (Wisman) maupun wisatawan nusantara (Wisnus).

Buktinya, selama acara itu, dari tanggal 9 hingga 28 Desember, jumlah wisman dan wisnus meningkat drastis dibanding hari-hari biasa.

"Angka pasti akan kami berikan seminggu setelah Lovely December, karena masih akan berlangsung sampai 30 Desember. Angka prediksi sampai saat ini wisman 9500, dan  wisnus/termasuk diaspora 500 ribu kunjungan," ungkap Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel, Yulianus Batara.

Dari jumlah seluruhnya, pengunjung sudah mendekati target yaitu wisman ditargetkan 10.000 dan wisnus/diaspora 595 ribu. 

"Jumlah prediksi itu dilihat dari ramainya wisatawan di Toraja. Kita lihat, di mana-mana macet, tingkat hunian 100 persen. Indikator lain yang mencengangkan adalah partisipasi para diaspora dalam menyemarakkan acara ini," jelasnya.

Selain itu, acara dalam konsep pengembangan merupakan "endoser" yang secara sistimatik akan memberi efek resonansi informasi, dan pada akhirnya akan berdampak terhadap semakin dikenalnya satu destinasi.

"Variabel lain yang sangat menunjang peningkatan kunjungan wisatawan adalah menaikkan daya saing destinasi, walaupun daya tarik destinasi sangat kuat tanpa pembenahan aksesibilitas dan ketersediaan amenitas, akan sulit menaikkan daya saingnnya. Oleh karena itu, dalam rangka Lovely December, pelbagai hal yang berhubungan soal amenitas dan aksesibiltas, sedang dibenahi," tutupnya.