Senin, 11 Desember 2017 15:31 WITA

Taman Topekkong Sinjai, Layakkah Berwisata di Sana?

Editor: Almaliki
Taman Topekkong Sinjai, Layakkah Berwisata di Sana?

RAKYATKU.COM, SINJAI - Taman Topekkong yang terletak di perempatan Jalan Bung Tomo dan Jalan Bhayangkara, Kecamatan Sinjai Utara, atau tepat di tengah kota Sinjai, tak terawat.

Taman yang direnovasi tahun 2016 lalu ini beberapa bagiannya sudah rusak. Rumput taman dibiarkan panjang. Bahkan kolam yang berada di kaki bukit, dipenuhi lumut dan tak berair lagi laiknya kolam.

Pengunjung mengaku, kolam tersebut memang tak pernah dibersihkan, bahkan beberapa pipa air mancurnya tak pernah berfungsi.

"Saya sering nongkrong di sini bersama teman-teman. Memang kondisinya kotor, banyak sampahnya di kolam, dan di lantainya berserak dedaunan," ungkap Rostina, seorang mahasiswi asal Sinjai yang ditemui di lokasi, Senin (11/12/2017).

Taman Topekkong Sinjai, Layakkah Berwisata di Sana?

Pengunjung lain, Nurfika menuturkan bahwa petugas kebersihan Sinjai juga jarang merawat Taman Topekkong, padahal objek ini menjadi ikon wisata budaya di Kabupaten Sinjai.

"Kita berharap, petugas membagi kerjanya juga untuk taman kita, biar lebih sedap dipandang mata."

Taman Topekkong sendiri terakhir direnovasi tahun 2016 pada beberapa bagian, seperti pada pagar dan penambahan gazebo untuk tempat istirahat.

Nama Taman Tupekkong diilhami dari Perjanjian Topekkong, yang merupakan salah satu tonggak dasar sejarah Kabupaten Sinjai.