Rabu, 22 November 2017 13:35 WITA

Celebes Travel Mart Ke 4, Asita Dorong Destinasi Wisata Sulsel

Editor: Andi Chaerul Fadli
Celebes Travel Mart Ke 4, Asita Dorong Destinasi Wisata Sulsel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA), bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Sulsel, PHRI Sulsel dan Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA), mempromosikan potensi wisata daerah yang ada di Indonesia bagian timur terkhusus di Sulawesi Selatan.

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Sulsel, Yulianus Batara Saleh mengatakan, dalam rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional (RIPPARNAS), wilayah Sulawesi Selatan diposisikan sebagai kawasan strategis nasional dalam bidang pariwisata.

"Saat ini, ada dua kawasan di wilayah kita yang menjadi destinasi pariwisata yang strategis secara nasional, yakni Toraja Lore Lindu, dan di Selayar di Takabonerate dan sekitarnya," ungkapnya dalam event Celebes Travel Mart di Grand Clarion Hotel & Convention Makassar, Rabu (22/11/2017).

Sementara itu, Ketua Umum Asita, Asnawi Bahar mengatakan, Presiden Jokowi telah menempatkan empat sektor industri yang diharapkan dapat menjadi keunggulan dan tulang punggung ekonomi Indonesia, yakni, Industri Pariwisata, Industri Kreatif dan Industri Pertanian.

"Parameter keberhasilan didalam pengelolaan pariwisata adalah jumlah dan tingkat kepuasan kunjungan. Untuk itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan target kunjungan," tuturnya.

Asnawi menambahkan, untuk membuat promosi unik dan berbeda, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, salah satunya dengan melakukan pemetaan dari potensi destinasi yang dimiliki. Serta, melakukan penilaian terkait akseske destinasi, intensitas kunjungan, tingkat keunikan, kualitas detinasi, serta beberapa aspek lainnya.

"Kegiatan CTM (Celebes Travel Mart) ini diharapkan dapat meningkatkan sekuruh kontribusi wilayah di bidang pariwisata, agar memberikan berbagai pengaruh yang positif, baik di tingkat nasional, maupun internasional," harapnya.

Event CTM tersebut diikuti sebanyak 50 seller yang terdiri dari travel agent, hotel, pengusaha oleh-oleh dan handycraft, dan objek wisata. Disamping itu, juga dimeriahkan dengan beberapa rangkaian acara seperti table top, seminar internasional, city tour, welcome dinner dan farewell dinner.

Seperti yang diketahui, event ini berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 21 hingga 24 November mendatang.