Rabu, 15 November 2017 08:11 WITA

5 Negara Ini Berikan Gaji Bulanan Terhadap Pengangguran

Editor: Adil Patawai Anar
5 Negara Ini Berikan Gaji Bulanan Terhadap Pengangguran

RAKYATKU.COM - Buat kamu pekerja, masih suka mengeluh karena gaji yang belum cukup? Atau kamu yang baru lulus sekolah atau kuliah kesulitan mencari pekerjaan? Coba pikirkan untuk berpikir pindah ke 5 negara ini.
 

1. Finlandia. 

Dilansir Kumparan, di tahun 2017 ini Finlandia menjadi negara pertama di Eropa yang membayar pengangguran. Warga Finlandia yang tak punya pekerjaan akan menerima uang cuma-cuma bulanan sebesar 560 euro atau sekadar 587 dolar AS. Jika dikalkulasikan ke rupiah, maka pengangguran di sana akan mendapatkan uang sekitar Rp. 7.200.000.
Mereka akan melakukan ini dalam uji coba selama dua tahun ke depan. Uji coba sosial unik ini diharapkan dapat mengurangi kemiskinan dan meningkatkan lapangan pekerjaan. 

Seperti diberitakan laman The Guardian beberapa Olli Kangas dari instansi pemerintah Finlandia KELA, yang bertanggung jawab untuk kesejahteraan sosial mengatakan, percobaan ini dilakukan selama dua tahun kepada 2.000 warga pengangguran. Pemilihan warga dilakukan secara acak dan mulai menerima tunjangan pada 1 Januari.

Mereka yang terpilih akan menerima 560 euro tiap bulan tanpa persyaratan apapun, termasuk pelaporan bagaimana mereka membelanjakan uang tersebut. Bahkan uang tersebut akan terus diberikan setelah mereka menerima pekerjaan.
Percobaan ini akan dilakukan terhadap 2.000 warga pengangguran yang dipilih secara acak dan sudah dimulai sejak 1 Januari lalu. Bagi mereka yang terpilih, akan menerima uang Rp 7,8 juta setiap bulan dan tak dibebani kewajiban untuk melaporkan penggunaan uang itu. Uang bulanan bagi para pengangguran ini tentu sangat jauh di bawah rata-rata pendapatan warga yang bekerja di sektor swasta yaitu 3.500 euro atau sekitar Rp 49 juta per bulan.

2. Swedia

Negara Skandinavia lainnya, Swedia juga memiliki program menggaji pengangguran. Lebih tepatnya, pemerintah negara ini konon bakal memberikan tunjangan kepada semua rakyatnya, baik yang pengangguran mau pun yang tidak. 
Pemerintah Swedia siap memberikan sekitar Rp 33 juta per bulan kepada masing-masing penduduknya yang masuk kategori dewasa. Tak hanya itu, anak-anak akan diberi uang saku oleh negara sebesar Rp 1,9 juta per pekan.

3. Malta
Malta bukan termasuk jejeran negara terkaya di dunia tapi negara ini tahu bagaimana cara memakmurkan rakyatnya. Pemerintah Malta memberikan tunjangan tanpa syarat kepada penduduknya yang pengangguran. 

Mereka dibayar tidak per bulan melainkan per hari. Semua orang mendapatkan uang sekitar Rp 300.000 per harinya.. Jadi dalam sebulan seorang pengangguran di sana bakal mengantongi sekitar Rp 9 jutaan. 

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun dapat bagian. Untuk tunjangan anak pemerintah akan memberikan bantuan dengan jumlah maksimal Rp 1,5 juta.
Data terakhir di tahun 2010, penduduk Malta tercatat sekitar 431.000 jiwa. Jumlah ini berarti tak sampai 5 persen darir penduduk Jakarta. 

4. Arab Saudi
Arab Saudi dengan segala sumber daya yang dimilikinya tak bisa dipungkiri telah membuat Arab Saudi menjadi salah satu negara kaya di dunia. Sama seperti tiga negara sebelumnya, Arab Saudi juga mempunyai aturan tentang pemberian tunjangan kepada para pengangguran di sana.

Sejak tahun 2012 lalu, pemerintah menggelontorkan uang tunjangan kepada para pengangguran sebanyak kurang lebih setara dengan Rp 4,8 juta. Uang ini dibayarkan sebulan sekali dan hanya akan diberikan dalam waktu setahun saja.

5. Irlandia
Sama seperti di Finlandia, seorang pengangguran di Irlandia bisa mengklaim uang tunjangannya tanpa syarat. Jumlah tunjangannya sekitar Rp 3 juta hingga Rp 12 juta sebulan. tunjangan ini tak hanya untuk diri sendiri, bagi mereka yang punya anak, pemerintah akan menambahkan uang tunjangan hingga 2 juta.

Tags