Senin, 30 Oktober 2017 06:00 WITA

10 Kereta Api Paling Keren di Dunia, Ada Kereta Wisata Toraja

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
10 Kereta Api Paling Keren di Dunia, Ada Kereta Wisata Toraja
Kereta Wisata Toraja.

RAKYATKU.COM - Kereta api merupakan salah satu transportasi massal yang relatif terjangkau. Banyak cara dilakukan untuk membuat orang beralih menggunakan kereta api.

Salah satunya dengan mendesain gerbong kereta menjadi lebih menarik. Selain itu, banyak perusahaan kereta api yang menyediakan fasilitas mewah guna memberikan rasa nyaman dan bangga. Berikut 10 kereta api paling keren di dunia.

1. Rocky Mountaineer

Rocky Mountaineer sudah diakui sebagai salah satu kereta termewah. Kereta ini melayani perjalanan menikmati indahnya alam dari pegunungan Rocky, Kanada.

Rocky Mountaineer menawarkan lebih dari 65 paket liburan khas Kanada dengan empat rute melalui British Columbia, Alberta, dan Pacific Northwest. Kelas kereta pada Rocky Mountaineer terbagi menjadi Gold Leaf Service, Silver Leaf Service, Red Leaf Service, dan Whistler. 

2. Tama Densha

Sangat lucu dan menggemaskan, ya? Kereta api Wakayama Electric di Jepang ini disebut sebagai kereta terlucu di dunia. Ada sektar 101 gambar kucing yang menghiasi badan kereta.

Kamu bisa membeli tiketnya di stasiun Wakayama atau Idakiso. Kamu bisa menikmati suasana pedesaan sepanjang 14,3 kilometer dari kota Wakayama ke Kinokawa.

3. Toys Train

Selain Tama Densha, di Wakayama Electric juga terdapat rancangan kereta lainnya yang dipenuhi dengan mainan anak-anak. Selain itu, tersedia "Gachagacha" sebuah mesin penjual mainan kapsul di dalam kereta. Kereta terbaik untuk menikmati waktu bersama keluarga.

4. Glacier Express

Kereta Glacier Express akan memanjakan para penumpang dengan jendela besar dan jernih. Selama 8 jam perjalanan, penumpang akan menikmati pemandangan gunung yang mengesankan antara St. Moritz dan Zermatt.

Selain itu, penumpang akan dibawa  Oberalppass di ketinggian 2.033 meter dengan nuansa pedesaan yang menakjubkan.

5. Rail Clinic

Rail Clinic, kereta khusus yang diciptakan PT. Kereta Api Indonesia (KAI). Rail Clinic melayani kesehatan tingkat pertama, meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, mata, serta pelayanan kefarmasian.

Baru-baru ini, fasilitas Rail Clinic telah ditambahkan, berupa perpustakaan dan ruang meeting. Kereta ini memberikan layanan gratis kepada warga kurang mampu untuk memiliki akses fasilitas kesehatan.

6. Kereta Wisata Nusantara

PT. KAI juga menyediakan fasilitas kereta mewah yang dirangkaikan dengan kereta Argobromo Anggrek, Argo Gede, Argo Lawu, Bima, dan Dwipangga. 

Gerbong Wisata Nusantara dilengkapi fasilitas mewah seperti sofa eksklusif nan nyaman, kamar tidur yang bisa digunakan untuk dua orang, lampu tidur dan kaca rias dalam kamar, serta wastafel.

Dilansir IDNTimes, terdapat pula sebuah ruangan ber-AC yang dilengkapi TV, video atau audio, dan toilet. Ada balkon di bagian belakangnya untuk melihat pemandangan luar kereta.

7. Kereta Wisata Bali

Sesuai namanya, interior kereta dirancang dengan segala ornamen khas Pulau Bali.  Kereta ini memiliki 22 buah sofa yang nyaman. Terbagi dari 16 buah kursi terletak di ruang pertemuan, sedangkan 6 lainnya terdapat di ruangan khusus kabin.

Seperti halnya kereta wisata lainnya, kereta ini juga memiliki toilet, mini bar, penyejuk ruangan, dan audio maupun video.

8. Kereta Wisata Toraja

Secara keseluruhan, kereta Wisata Toraja mempunyai fasilitas seperti halnya kereta Wisata Bali. Perbedaannya hanya terletak pada konsep interior ruangannya. Kereta ini didesain khusus menyerupai Tana Toraja, dengan interior yang berwarna krem dan merah.

9. Blue Train

Blue Train telah mendapatkan penghargaan sebagai kereta termewah yang dimiliki Afrika selama dua kali berturut-turut. Kereta ini telah beroperasi sejak 1946, melayani perjalanan dari Pretoria hingga Cape Town.

Blue Train terbagi menjadi dua bagian kereta. Kereta pertama mampu menampung 52 penumpang dan kereta kedua mampu menampung hingga 80 penumpang.

10. Maharaja Express

Kereta api Maharaja Express menyediakan kelas Presidential Suite dengan fasilitas lengkap. Rute perjalanan kereta ini dimulai dari Mumbai menuju Delhi. Kereta ini juga menyediakan paket perjalanan mengunjungi tempat-tempat terkenal di India selama 7 hari.