Rabu, 18 Oktober 2017 11:41 WITA

Lovely Desember, Disbudpar Sulsel Target 1 Juta Pengunjung

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Lovely Desember, Disbudpar Sulsel Target 1 Juta Pengunjung

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel menargetkan 1 juta wisatawan di even tahunan, Toraja Lovely Desember. 

Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Disbudpar Sulsel, Julianus Batara Saleh mengaku optimis dapat mencapai target tersebut. Bahkan mungkin bisa over target, karena Lovely Desember ini rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. 

"Target kita pengunjung yang hadiri di Lovely Desember mencapai 1 juta orang, itu termasuk di dalamnya Wisatawan Mancanegara (Wisaman)," ujar Julianus, Rabu (18/10/2017).

Julianus menambahkan, jika dikira-kira, orang asli Toraja yang kembali saat perayaan Lovely Desember saja biasa mencapai 200 ribu orang, belum lagi wisatawan di luar orang Toraja dan wisatawan mancanegara. 

"Apalagi Lovely desember sekarang  akan dikemas dengan cara yang berbeda, akan lebih menarik dari tahun ke tahun, itu akan menambah ketertarikan wisatawan hadir nantinya," tuturnya. 

Meskipun Kemenhub berencana menaikkan harga tiket pesawat, lanjutnya, pihaknya yakin tidak akan mempengaruhi wisatawan yang akan hadir di Sulsel mengunjungi even Lovely Desember. 

Ia menambahkan, khusus di sektor pariwisata, kenaikan harga pesawat tidak akan berdampak. Menurutnya, wisatawan adalah masyarakat yang mempunyai pendapatan lebih dan tidak memikirkan biaya perjalanan demi menikmati keindahan alam dan budaya di suatu daerah. 

"Makanya kami tetap optimis, kami juga menargetkan kunjungan wisatawan nusantara hadir di Sulsel 7 juta pengunjung dan Wisman yang hadir 200 ribu pengunjung. Ini masih tersisa dua bulan lagi, dengan dua even yang akan dilaksanakan Taka Bonerate dan Lovely Desember," tutupnya.