07 October 2017 09:05 WITA

Deretan Masjid di Indonesia yang Menyimpan Misteri Keajaiban

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Deretan Masjid di Indonesia yang Menyimpan Misteri Keajaiban

RAKYATKU.COM - Tak sekadar berfungsi sebagai tempat ibadah umat muslim, sejumlah masjid berarsitektur indah di Indonesia juga menjadi tujuan wisata. Tengok saja Masjid Istiqlal di Jakarta atau Masjid Raya Baiturrahman di Aceh.

Tapi ada juga lho di beberapa wilayah Indonesia, masjid yang difavoritkan sebagai destinasi wisata lantaran misteri-misteri keajaiban yang ada di baliknya. Seperti 4 masjid yang akan Dream Travel ulas berikut ini:

1. Masjid Tiban, Malang

Masjid pertama yang menyimpan kisah 'ajaib' adalah Masjid Tiban yang berada di Kota Malang, Jawa Timur. Selain megah dan berarsitektur unik, konon masjid ini dibangun oleh tentara jin dalam waktu satu malam.

Dinamakan Masjid Tiban, konon karena masjid ini muncul secara tiba-tiba. Pada tahun 2008 silam, masjid ini sempat menghebohkan warga setempat dan wisatawan. Sebab tersiar kabar, jika masjid ini dibangun oleh tentara jin. Meski tak masuk akal, ada sebagian orang yang meyakini jika masjid ini 'ajaib' dan penuh misteri.

2. Masjid Wapauwe, Maluku

Beralih ke bagian timur Indonesia, tepatnya di Maluku ada sebuah masjid tua bernama Masjid Wapauwe. Selain bersejarah, ternyata masjid satu ini juga menyimpan misteri keajaiban. Masjid ini merupakan masjid tertua di Maluku dan sudah ada sejak tahun 1414 Masehi.

Masjid Wapauwe adalah salah satu masjid yang dibangun dari pelepah sagu. Meski begitu, hebatnya masjid ini mampu bertahan berabad-abad. Ada kisah magis yang meliputi Masjid Wapauwe.

Konon, masjid ini pernah berpindah tempat sendiri. Awalnya masjid ini bernama masjid Wawane karena dibangun di lereng gunung Wawane Pernada Jamilu yang merupakan keturunan kesultanan Islam Jailolo dari Maluku utara. Ketika Belanda berkuasa, masyarakat pun memindahkan masjid ke kampung Taehala yang berjarak 6 km dari Wawane .

Kisah magis yang beredar di kalangan masyarakat, konon masjid Wapauwe pernah pindah sendiri. Saat itu masjid berada di dataran Taehala, namun pada suatu pagi ketika masyarakat bangun dari tidurnya. Masjid secara gaib telah berada di tengah-tengah pemukiman penduduk di tanah Taeon Samaia.

3. Masjid Agung Keraton Buton, Sulawesi Tenggara

Kemudian, ada Masjid Agung Keraton Buton di Sulawesi Tenggara. Masjid peninggalan kerajaan Islam Buton ini konon memiliki lubang yang langsung menuju ke Mekah. Masjid tertua di Sulawesi yang terletak di Kota Bau Bau ini memiliki nama lain Masjid Agung Waliyo.

Dilansir Dream, masjid ini memiliki arsitektur sederhana, tapi di dalamnya terdapat pusena atau pusat bumi yang konon menurut kisahnya sering terdengar suara azan dari Mekah, Arab Saudi. Pusenan ini memiliki lubang yang berada tepat di belakang mihrom.

Masyarakat setempat percaya jika bekas kompleks Kesultanan Buton ini berada di atas pusat bumi. Dan lubang yang berada di dalam masjid ini pun diyakini sebagai goa bawah tanah yang bisa langsung menuju ke Mekah.

4. Masjid Agung, Cirebon

Masjid Agung di Cirebon pun menyimpan cerita ajaib. Konon, masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini dibangun hanya dalam waktu satu malam. Dan pembangunannya, dipimpin langsung oleh Sunan Kali Jaga, sejak Magrib hingga Subuh datang menjelang.

Masjid ini terletak tak jauh dari Keraton Kesepuhan Cirebon. Sejarah mencatat masjid ini dibangun pada tahun 1489. Masjid Agung ini dibangun tanpa menara, beratap limas, dan tanpa hiasan di ujungnya.

Konon dahulu masjid ini memiliki hiasan atap. Namun hiasan di atap masjid tersebut berpindah ke atap Masjid Agung Banten yang sekarang memiliki dua kubah. Karena cerita tersebut sampai sekarang setiap Sholat Jumat di Masjid Agung Cipta Rasa di gelar 'azan pitu'. Yakni azan yang dilakukan secara bersamaan oleh 7 orang muazin berseragam serba putih.

Tags