12 September 2017 09:49 WITA

Gara-gara Reality Show, Wisatawan Korea ke Indonesia Melonjak

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Gara-gara Reality Show, Wisatawan Korea ke Indonesia Melonjak
Battle Trip KBS syuting di Bali.

RAKYATKU.COM - Jumlah wisatawan Korea Selatan yang masuk ke Indonesia melonjak hingga 45,2 persen tahun ini. 

Berdasarkan data yang dirilis Korea Tourism Organization (KTO) menunjukkan jumlah wisatawan Korea Selatan  yang bepergian ke luar negeri pada Juli 2017 berada pada angka 2.384.447 atau naik sebesar 14,5% dari tahun lalu. Dari angka tersebut jumlah wisatawan yang ke Indonesia meningkat hingga 45,2 persen dibandingkan tahun lalu. 

Ketertarikan wisatawan terhadap Indahnya alam Indonesia ini meningkat, setelah beberapa acara TV Korea Selatan mengambil lokasi syuting di Indonesia. Seperti acara "Youn's Kitchen" yang mengambil lokasi di Lombok dan ditayangkan oleh stasiun televisi TvN pada Maret-Mei 2017.

Kemudian "Law of the Jungle" milik SBS pada edisi Sumatra dan Pulau Komodo, "Battle Trip" milik KBS yang mengambil lokasi di Bali, dan "Running Man" milik SBS yang mengambil lokasi di Yogyakarta dan sedang menunggu jadwal tayang.

Menurut Koordinator Fungsi Pensosbud Diplik KBRI Seoul, M Aji Surya, penayangan reality show yang berlokasi di Indonesia ini merupakan cara promosi pariwisata yang cukup efektif untuk menggaet turis Korea Selatan berdatangan ke Indonesia.

"Melalui acara-acara televisi tersebut masyarakat negeri kimchi ternganga melihat keindahan dan keunikan Indonesia yang tidak bisa ditemukan di negara lain. Pesonanya membuat mereka berbondong-bondong berlibur ke Indonesia," ujar Aji yang dikutip dari website Kemenlu RI.