11 September 2017 15:19 WITA

Moskow Perkenalkan Taman Raksasa Senilai Rp3,2 Triliun

Editor: Suriawati
Moskow Perkenalkan Taman Raksasa Senilai Rp3,2 Triliun
Zaryadye Park

RAKYATKU.COM - Rusia resmi membuka sebuah taman baru, yang dilengkapi dengan labirin es di Moskow, pada hari Senin (11/09). Dinamai Zaryadye Park, taman ini menggantikan sebuah hotel era Soviet di tepi sungai Moskow, yang dibongkar pada tahun 2006.

Taman ini meliputi area seluas lebih dari 10 hektar di lokasi utama, dekat Lapangan Merah dan Kremlin.

"Awalnya tidak ada yang berani menyarankannya menjadi taman, nilainya bernilai 1,5 miliar dalam mata uang asing," kata Kepala Departemen Kebudayaan Moskow, Alexander Kibovsky, saat ia memberikan tur kepada wartawan, seperti dikutip AFP.

Ia mengatakan, ide untuk mengubah lokasi itu menjadi taman raksasa datang dari Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin.

Menurut AFP, taman itu terdiri dari sebuah lanskap dengan zona "geobotanikal" yang berbeda, termasuk yang menyerupai tundra, serta tempat-tempat seperti balai philharmonic yang tersembunyi di bawah bukit dengan atap kaca dan sebuah gua es dengan labirin.

Anggaran taman ini menelan biaya sebesar 14 miliar rubel (Rp3,2 triliun). Hal ini menarik kritikan dari para kritikus, yang menyebut beberapa elemen mahalnya sembrono, pada saat negara tersebut mencoba pulih dari resesi.

Secara historis Zaryadye adalah tempat peristirahatan yang ramai dan menjadi lingkungan Yahudi pada akhir abad ke-19. Namun setelah orang-orang Yahudi dipindahkan dari ibukota Rusia pada tahun 1892, Zaryadye mulai hancur dan pihak berwenang Soviet memutuskan untuk menjatuhkannya.

Tempat itu digantikan oleh hotel Rossiya yang merupakan tempat terbesar di dunia dengan 3.182 kamar saat dibangun pada tahun 1967.

Tags
Rusia