Minggu, 10 September 2017 12:37 WITA

China Bangun Desa Mirip Mars untuk Menarik Wisatawan

Editor: Suriawati
China Bangun Desa Mirip Mars untuk Menarik Wisatawan
"Desa Mars" akan dibangun di daerah batu merah di Cekungan Qaidam di Provinsi Qinghai.

RAKKYATKU.COM - China akan menyelesaikan pembangunan basis simulasi Mars pertamanya di Provinsi Qinghai pada tahun 2020. Nantinya, itu akan difungsikan untuk pariwisata dan eksperimen ilmiah, namun tidak akan menjadi basis simulasi untuk astronot.

Liu Xiaoqun, dari Chinese Academy of Sciences, mengatakan basis ini akan meningkatkan ekonomi pariwisata setempat, mendidik masyarakat tentang eksplorasi antariksa dan menyediakan lapangan percobaan multifungsi dan outdoor untuk para ilmuwan di seluruh dunia.

LIHAT JUGA: Video Lucu: Orang-orang Penakut Berjalan di Jembatan Kaca Tinggi China

Beberapa basis simulasi planet terkenal lainnya termasuk NASA Space Exploration Analog and Simulation, Mars Desert Research Station di Utah di Amerika Serikat, proyek Mars500 Rusia dan yang terbaru, Simulator Analog Mars 2017 di Polandia.

Namun, tidak seperti basis tersebut, Liu mengatakan bahwa "Desa Mars" China bukanlah koloni simulasi yang serius atau tempat latihan untuk astronot Mars masa depan. "Ini adalah situs wisata bertemakan eksplorasi Mars dan yang pertama," katanya.

China Bangun Desa Mirip Mars untuk Menarik WisatawanLiu mengatakan bahwa basis tersebut diperkirakan terdiri dari "komunitas Mars" dan "perkemahan Mars". Tempat perkemahan akan memiliki sejumlah akomodasi eksperimental dan tempat rekreasi. Basis ini mungkin juga menyertakan perangkat untuk syuting film dan acara TV.

"Ini akan dibangun sebagai basis satu atap untuk pembelajaran pengalaman di bidang kedirgantaraan, astronomi, geografi dan energi baru," katanya. "Tapi terlalu dini untuk mengklaim basis tersebut sebagai tempat penelitian ilmiah, karena lingkungannya belum dianalisis secara menyeluruh untuk tujuan ilmiah."

Basis ini berada lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut. Daerah sekitarnya kering, dingin dan memiliki radiasi matahari yang intens serta gundukan bukit pasir yang terbentuk berabad-abad oleh erosi angin, sehingga mencerminkan ciri dan iklim serupa yang ditemukan di permukaan Mars yang gersang.

Tags