12 August 2017 15:07 WITA

Inilah 7 Kopi Termahal di Dunia

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Inilah 7 Kopi Termahal di Dunia
Kopi Luwak.

RAKYATKU.COM - Sejarah kopi mencatat asal muasal tanaman dari Abyssinia, suatu daerah di Afrika yang saat ini mencakup wilayah negara Etiopia dan Eritrea. Kopi menjadi komoditas komersial setelah dibawa para pedagang Arab ke Yaman.

Hingga akhirnya kopi diperdagangkan secara global. Kopi yang banyak dijual yakni kopi Arabika, Robusta, Liberika dan excelsa. Tapi apakah kamu sudah tahu ada kopi paling mahal di dunia? Jangan bilang kamu pecinta kopi ya kalau kamu belum mengetahuinya. Dilansir IDNTimes, berikut kopi yang paling mahal di dunia:

1. Kopi Mi Esperanza

Honduras mempunyai kualitas kopi terbaik di kawasan Amerika Tengah. Kopi Honduras ini memiliki rasa yang beragam, tergantung dari proses roasting. Kopi Honduras lebih dikenal dengan lightly fruited, caramel, dan tingkat keasamaan rendah yang pas untuk secangkir espresso.

Salah satu kopi terbaiknya adalah mi esperanza yang dijual dengan harga US$ 35 atau sekitar Rp 460 ribu per 456.3 gram.

2. Kopi Los Planes

Tak berbeda jauh dari Honduras, El Savador yang masih terletak di kawasan Amerika Tengah juga memiliki ciri khas kopi yang serupa. Industri kopi berkembang pesat di El Salvador dan merupakan hasil bumi utama.

Kopi los planes dibudidayakan di wilayah pegunungan Chalatenango dan pernah mendapatkan penghargaan sebagai juara 2 di ajang Cup of Excellence pada tahun 2006. Kopi los planes di bandrol dengan harga US$ 40 atau sekitar Rp 533 ribu per 456.3 gram.

3. Kopi Blue Mountain

Selain penghasil bauksit terbesar, ternyata Jamaika memiliki kopi enak yang dikenal dunia. Kopi blue mountain memiliki reputasi baik, tumbuh di ketinggian 5.000 kaki di atas permukaan laut dengan curah hujan yang tinggi mempengaruhi pertumbuhannya ketika diproses. Kopi ini terkenal karena hampir tak memiliki rasa pahit. Kopi blue mountain dihargai US$ 49 atau sekitar Rp 652 ribu per 453,6 gram.

4. Kopi Molokai 

Hawaii merupakan salah satu pulau wisata paling terkenal di dunia, potensi keindahan alam serta wisata bahari yang sangat unik membuatnya dikenal hampir seluruh pelosok dunia. Iklim dan kondisi tanah di Hawaii juga sangat baik untuk menghasilkan biji kopi andalan.

Salah satu kopi terbaik di Hawaii adalah molokai yang ditanam di daerah Kualapu’u seluas 460 hektare. Harga kopi per 453.6 gramnya adalah US$ 51 atau setara dengan Rp 679 ribu.

5. Kopi St. Helena

Seperti nama asalnya, kopi Saint Helena dijual dengan harga US$ 79 atau setara Rp 1 jutaan. Spesialnya dari kopi ini adalah dibutuhkan waktu selama 4 bulan untuk mengeringkan dan menjemur biji kopinya. Selain itu, kopi Saint Helena memiliki rasa yang menakjubkan dengan floral-fruity hints a la citrus dan caramel.  

6. Kopi Luwak

Kopi luwak memang sudah menjadi ciri khas kopi Indonesia yang terkenal sangat mahal. Hal ini dikarenakan metode menghasilkan biji kopinya yang cukup unik. Biji kopi didapatkan melalui proses fermentasi di dalam tubuh Musang Luwak yang memang gemar makan buah kopi.  

Aroma dan rasa kopi luwak memang terasa spesial dan sempurna di kalangan para penggemar dan penikmat kopi di seluruh dunia. Kopi luwak dibandrol US$ 160 atau sekitar Rp 2 juta per 453,6 gram.

7. Hacienda La Esmeralda

Banyak yang masih mengira kopi luwak merupakan kopi paling mahal di dunia, apakah kamu salah satunya? Pemegang rekor kopi termahal ternyata dipegang oleh kopi hacienda la esmeralda dengan harga US$ 350,25 atau seharga Rp 4 jutaan dalam pelelangan di Panama.

Kopi ini mendapatkan penghargaan tertinggi dalam pelelangan karena cukup susah menanam dan mengolahnya. Kamu harus mencoba kopi Hacienda la Esmeralda yang dikenal cukup langka dan punya cita rasa yang kuat. 

Tags
kopi