Sabtu, 21 Mei 2016 08:02 WITA

Karassik Hill Bakal Jadi Pusat Wisata Budaya di Toraja

Penulis: Herson Tangsi
Editor: Wiwi Amaluddin
Karassik Hill Bakal Jadi Pusat Wisata Budaya di Toraja

RAKYATKU.COM, TORAJA UTARA -  Kabupaten Tator, Tanah Toraja yang dikenal Mancanegara sebagai destinasi wisata terbaik di Sulawesi Selatan, akan melakukan inovasi pada salah satu kawasan wisata favorit di daerah tersebut.

Tepatnya, di desa Lembang Rindingbatu, Kecamatan Kesu, Kabupaten Toraja Utara. Desa yang dikenal Karassik Hill ini akan dikembangkan menjadi pusat kreatif berbasis seni budaya dan kerajinan tangan.

Hal ini disampaikan salah satu pengurus di kawasan kampung wisata Karassik Hill, Lukman. Ia menyampaikan nantinya kawasan tersebut akan menjadi pusat Ekonomi Kreatif berbasis Pariwisata khususnya di bidang Seni budaya dan Handycraft.

"Kerajinan khas Toraja seperti Batik Toraja, manik-manik ukiran Toraja serta berbagai jenis kerajinan Toraja lainnya akan diproduksi di kampung ini," kata Lukman.

Bupati Torut, Kalatiku Paembonan mengaku mengapresiasi rencana itu. Ia mendukung masyarakat toraja untuk berinovasi, melahirkan ide-ide kreatif untuk pengembangan Pariwisata di Toraja Utara.

"karena Toraja Utara masuk dalam salah satu dalam program Kawasan Strategis Nasional Pariwisata ( KSNP )," ucapnya.

Hal serupa diungkapkan salah satu anggota DPRD Provinsi Sulsel, Fermina Tallulembang. Ia mengatakan sangat mendukung dan menyambut baik rencana pengembangan Kawasan "Karassik Hill".

"Kami siap memperjuangkan program ini, karena program ini sangat bagus dan merupakan ide kreatif yang bisa meningkatkan Pariwisata khususnya di Toraja Utara" ungkap Fermina saat berkunjung ke kawasan tersebut.   

Fraksi Gerindra ini berharap pengelolaan kawasan tersebut bisa dikelola dengan baik dan maksimal agar memberi nilai ekonomi bagi Masyarakat Toraja khususnya Toraja Utara.

Loading...