Selasa, 11 Juli 2017 10:22 WITA

Ekstrem, 5 Tren Fashion Dunia Ini Sangat Mengerikan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ekstrem, 5 Tren Fashion Dunia Ini Sangat Mengerikan

RAKYATKU.COM - Kata cantik memang punya arti yang sangat luas dan berbeda-beda di setiap negara atau kawasan. Tapi tidak sedikit pula yang mengaitkan kecantikan dengan banyak hal. Salah satunya adalah ungkapan, "beauty is pain". 

Rasa tak nyaman bahkan kesakitan rela mereka tahan demi mendapatkan gelar cantik. Hal itu terlihat dari 5 tren kecantikan wanita yang sangat ekstrem sepanjang sejarah dunia berikut ini. Berikut ulasannya seperti dilasir wowkeren: 

1. Korset

Tren yang satu ini memang terkenal banget. Tren fashion jadul ini bahkan masih banyak di pakai oleh wanita yang mendambakan tubuh langsing hingga saat ini. Tapi tahukah kalian kalau penggunaan korset di era Victoria atau abad ke-16 sangatlah mengerikan?

Dulu, pinggang yang ramping bisa menonjolkan pinggul besar besar adalah tubuh yang feminin. Makanya ada juga korset yang terbuat dari besi. Nggak heran kalau dulu banyak wanita yang kesulitan bernapas, pingsan, pendarahan internal, hingga mengalami pergeseran organ karena penggunaan korset.

Ekstrem, 5 Tren Fashion Dunia Ini Sangat Mengerikan

2. Crinoline

Selain korset, ada pula Crinoline yang sangat populer di era Victoria. Crinoline merupakan tren menonjolkan bentuk tubuh dengan mengenakan gaun yang mengembang. Caranya yaitu memakai semacam "sangkar" lebar untuk mengganjal rok.

Crinoline ini tentunya sangat nggak nyaman dan membatasi ruang gerak. Parahnya lagi, crinoline terbuat dari kayu, besi, hingga rambut kuda atau bahan kasar lainnya. Hal itulah yang membuat pemakainya iritasi hingga infeksi. 

Meski terlihat biasa saja, tapi tahu nggak sih kalau tren fashion ini jadi salah satu penyebab kematian. Mulai dari gaun yang terbawa angin dan menyebabkan kecelakaan hingga gaun yang terbakar pernah terjadi dalam era penggunaan crinoline. 

Ekstrem, 5 Tren Fashion Dunia Ini Sangat Mengerikan

3. Kaki Lotus

Tren fashion yang nggak kalah menyeramkan selanjutnya adalah kaki lotus di Tiongkok. Konon tren ini terinspirasi dari penari abad ke-10 yang membungkus kakinya dengan sutra untuk memukau kaisar. Maka wanita mulai membatasi panjang telapak kakinya hingga menjadi 3 inci. 

Namun hal itu baru bisa terjadi jika mereka mematahkan tulang di telapak kaki atau memakai sepatu berukuran super pendek. Penggunaan sepatu itulah yang kerap menyebabkan infeksi dan gangguan kesehatan seumur hidup hingga kematian. 

Ekstrem, 5 Tren Fashion Dunia Ini Sangat Mengerikan

4. Menghitamkan Gigi (Ohaguro)

Menurut Ancient Origins, gigi yang berwarna warna hitam pekat merupakan simbol kecantikan budaya wanita Jepang. Makna dan kepercayaan dari tradisi ohaguro yang populer sejak dari zaman Kofun (250-538) hingga akhir abad ke-19 ini sangat melekat dengan wanita Jepang.

Proses pernis gigi agar terlihat hitam ini sangat melelahkan. Para wanita harus menerapkan berbagai jenis bahan kimia setiap hari dan membutuhkan waktu sekitar seminggu. Termasuk meminum zat pewarna hitam yang memiliki kandungan besi dan digosok dengan kayu manis.

Ekstrem, 5 Tren Fashion Dunia Ini Sangat Mengerikan

5. Tradisi Leher Panjang

Selain itu ada pula tradisi kecantikan perempuan Suku Kayan di Myanmar yang memanjangkan lehernya. Secara tradisional, mereka akan menggunakan gelang leher selama bertahun-tahun. Wanita di sana bahkan sudah menggunakannya sejak usia balita.

Seiring berjalannya waktu, mereka akan menambahkan gelang leher agar semakin tinggi. Meski dilakukan secara bertahap dan sangat lambat, namun tetap saja tradisi ini punya efek jangka panjang yang merusak tubuh ideal mereka. Sayangnya, gelang leher ini sangat sulit untuk dilepas.

Ekstrem, 5 Tren Fashion Dunia Ini Sangat Mengerikan

Tags