07 May 2017 14:04 WITA

Ketika Putu Cangkir Menjadi 'Pelangi'

Editor: Adil Patawai Anar
Ketika Putu Cangkir Menjadi 'Pelangi'

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Siapa tak kenal makanan khas Warga Makassar ini, Putu Cangkir. Makanan yang terbuat dari tepung ketan berisikan kelapa ini memiliki rasa yang manis & gurih yang dari dulu tidak pernah berubah. 

Namun bagaimana jika Putu Cangkir di-mix? Apa jadinya? Apakah hal tersebut menguntungkan jika dijual? Peruntukan tersebut dicoba Sunar.

Pria berusia 24 tahun tersebut memberanikan diri, jadi orang pertama yang mengubah paradigma seseorang tentang Putu Cangkir. Ia namakan Putu Cangkir Rasa Masa Kini.

Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Indonesia (UMI) ini tak sembarangan dalam mengotak-ngatik kue lawas itu. Dirinya terlebih dahulu belajar cara membuat Putu Cangkir original yang rasanya telah melekat di lidah pecinta kue tradisional. Tak main-main, pria murah senyum ini harus berguru ke salah satu desa di Kabupaten Maros, Sulsel, untuk merealisasikan pembuatan Putu Cangkir yang empuk dan memiliki rasa masa kini itu.

"Saya bosan dengan rasa yang dari dulu cuma isinya cuma kelapa, dan kuliner sejenis ini belum ada yang menyajikan dengan varian rasa. Putu cangkir ini saya inovasikan agar tidak hanya kalangan usia tua saja, namun dikalangan usia muda bisa menyukainya " kata Sunar kepada Rakyatku.com, Minggu (7/5/2017).

Dari segi modifikasi, pria berambut tipis ini mengubah seluruhnya. Baik rasa adonan maupun isi tengahnya. Varian rasa mengikuti perkembangan zaman kuliner saat ini. Seperti anggur, pandan, green tea, keju, blue berry, strawberry, durian, dan coklat. Soal harga, tentunya sangat terjangkau.

"Pembeli dibebaskan untuk memilih rasa adonan dan rasa untuk isinya. Kalau original Rp5 ribu 3 kue, kalau varian rasa Rp2.500 perkue," jelas Sunar.

(Owner Rose Oldie Cakes, Sunar)

Satu bulan berjalan, saat ini Putu Cangkir dengan brand Rose Oldie Cakes bisa ditemui di dua tempat berbeda. Jalan Pongtiku dan Jalan Tinumbu. Bagi anda yang malas bergerak, Putu Cangkir ini juga bisa dipesan melalui Aplikasi Gofood.

"Menyambut Ramadan, kini kita siapkan varian rasa baru dengan rasa kurma dan red velvet," demikian Sunar.