02 April 2017 21:45 WITA

Bungun Salapang, Sumur Tua Segudang Cerita Mistis di Jeneponto

Editor: Jumardin Akas
Bungun Salapang, Sumur Tua Segudang Cerita Mistis di Jeneponto

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Bungun Salapang (Sumur Sembilan) adalah salah satu objek wisata yang sudah hampir terlupakan namanya di Jeneponto.

Bungun Salapang terletak di Desa Bontorappo Kecamatan Tarowang Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Juru kunci makam Raja Tupano (Kareng Tupano) yang terletak di Permandian Alam Sumur Sembilan, Lantik (68) mengatakan, konon sembilan mata air di tempat itu ditemukan oleh anjing Raja Tupano (Karaeng Tupano) saat sedang berburu.

Sebelumnya tempat tersebut hanyalah hutan alam yang dijadikan tempat perburuan para raja dan masyarakat Bontorappo. Kini tempat tersebut dijadikan objek wisata karena keunikannya. Terdapat sumber mata air yang keluar dari akar kayu.

Haji Bau (80) salah seorang warga sekitar mengatakan, masih banyak warga yang datang berziarah dengan memberi sesajen di tempat itu. Biasanya mereka membawa nasi ketan dan ayam untuk dipersembahkan. Ada juga kemenyan,lilin, dan rokok.

Sesuai kepercayaan, di tempat itu para pengunjung dilarang mencela dengan cara apa pun. Apalagi kalau berniat lain seperti pacaran dan hendak berbuat mesum. Cerita yang berkembang menyebut akan muncul sosok penunggu sumur tersebut.

Penunggu permandian alam sumur sembilan disebut tak suka dengan perbuatan atau kata-kata kotor. Sehingga seringnya ditemukan pengunjung yang kesurupan di tempat itu.

Kepala Desa Bontorappo Mustafa mengatakan, Pemandian Bungun Salapang sudah direnovasi dan ditata dengan sedemikian rupa.

"Sebelumnya pada bagian luar sumur hanya batu bata. Namun, belakangan direnovasi agar ada perbaikan. Kini, di tempat itu juga telah dibangun musalah untuk pengunjung," jelas Mustafa.