Sabtu, 18 Maret 2017 16:00 WITA

Sedapnya Kuliner Ganja Ala Jeneponto

Penulis: Zul Lallo
Editor: Sulaiman Abdul Karim
Sedapnya Kuliner Ganja Ala Jeneponto
Gantala Jarang, kuliner khas Kabupaten Jeneponto. (Foto: Zul Lallo)

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Sajian kuliner Kabupaten Jeneponto punya ciri khas. Terutama kuliner yang berbahan daging. Di Kabupaten Jeneponto, daging kuda lebih favorit untuk disantap, ketimbang daging lainnya.

Salah satu kuliner yang hits di daerah ini adalah Gantala Jarang. Oleh penikmat kuliner, Gantala Jarang disingkat menjadi Ganja. Penampakannya mirip Coto Makassar atau Konro. Berkuah dengan penuh cita rasa karena rempah-rempahnya.   

Disantap dengan sepiring nasi hangat. Boleh juga diganti dengan ketupat. 

Gantala adalah sebutan dari cara memasaknya. Sedangkan Jarang, adalah bahasa Jeneponto dari kuda. Jika berkesempatan datang ke Jeneponto dan ingin mencicipi Gantala Jarang, datang saja ke Bontosunggu, ibukota kabupaten. 

Loading...

Sedapnya Kuliner Ganja Ala JenepontoSekitar 15 kilometer dari Bontosunggu, ada Pasar Tradisional Tolo. Di tempat ini, berjejer warung makan yang khusus menjual Gantala Jarang.          

Warung makan ini kerap diserbu. Terutama pada hari pasar terbuka, Selasa dan Sabtu. Untuk menikmatinya, Anda harus mengatur waktu. Sedikit saja terlambat, biasanya kehabisan. 

Harga seporsinya beragam. Ada yang Rp20 ribu, ada juga Rp25 ribu. Selain nikmat, Gantala Jarang juga dipercaya sebagai anti tetanus. Ada juga yang percaya sebagai penambah vitalitas bagi pria.  

Tags
Loading...
Loading...