09 January 2017 08:12 WITA

Pariwisata di Sulsel Bisa Tumbuh 20 Persen, Asal...

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pariwisata di Sulsel Bisa Tumbuh 20 Persen, Asal...

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Para pelaku usaha di bidang pariwisata optimistis kondisi bisnis mereka bakal membaik. Bahkan diklaim dapat tumbuh 20 persen pada tahun ini dibandingkan dengan tahun 2016. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan hal itu.

Ketua Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (ASITA) Sulsel, Didi L Manaba mengatakan, pemerintah mesti menjaga isu keamanan terjamin. Kemudian memaksimalkan pelaksanaan event nasional dan internasional di Sulsel. Serta meningkatkan promosi dan kesadaran masyarakat.

"Masyarakat bisa ikut membantu dengan melestarikan destinasi-destinasi wisata dan tidak mencemari atau mengotorinya," kata Didi. 

Hal serupa dikatakan Ketua Perhimpunan Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel, Anggiat Sinaga. Bagi dia, pariwisata Sulsel akan lebih banyak dikenali dan sektor-sektor terkaitpun akan mendapatkan imbas positif. 

Asalkan, kata dia, pemerintah mampu mengadakan event-event berskala besar di Makassar dan di Sulsel.

"Dengan menciptakan event besar, artinya memaksa orang untuk datang ke Sulsel dan mengenal Sulsel lebih dekat. Hal ini sudah pasti meningkatkan sektor pariwisata di Sulsel," jelasnya.

Adapun destinasi pariwisata yang dapat menjadi magnet bagi pelancong ke Sulsel di 2017 adalah destinasi pulau di Makassar dan sekitarnya. Juga onjek wisata baru di Toraja dan Enrekang, seperti Lolai dan Cekkong.

Tags