Sabtu, 10 Desember 2016 12:24 WITA

Lovely Desember, Ada Aksi Puluhan Barista Racik Kopi Toraja

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Lovely Desember, Ada Aksi Puluhan Barista Racik Kopi Toraja
ilustrasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Banyak hal yang baru pada Lovely Toraja tahun ini. Salah satunya,  dengan hadirnya event Barista Competition di dalamnya. Barista Competition ini akan dilaksanakan pada 29 Desember, di Plaza Kolam Makalle, Tana Toraja.

Kepala Bidang Promosi dan Penasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel, Devo Khaddafi mengatakan, event ini digelar untuk mengenal lebih jauh terkait kopi Toraja. "Kita coba menjual Toraja bukan hanya dari culture dan wisata alamnya. Tapi juga dengan kopinya," ungkap Devo,  Sabtu (10/12/2016).

Disamping meracik kopi Toraja, para Barista yang akan mengikuti kompetisi, akan diajak untuk melihat perkebunan kopi di Toraja. Serta diperlihatkan pula terkait pengelolaan perkebunan kopi, hingga proses menjadi kopibyang siap diracik.

"Biasanya para baristanya hanya mengenal kopi Toraja, tapi tidak mengenal Toraja sebagai sebuah destinasi wisata. Nah itu tujuan itu kita buat kompetisi. Dengan harapan barista yang ikut,  bukan hanya lomba. Tetapi dapat mengenal lebih jauh terkait Kopi Toraja," jelas Devo.

Lovely Desember, Ada Aksi Puluhan Barista Racik Kopi Toraja

Hingga rekap terakhir pada minggu lalu, setidaknya sudah ada 25 barista yang mendaftar. Namun untuk internasional, Devo mengatakan belum mengetahuibsecara jelas. Barista yang telah mendaftar merupakan barista dari kota-kota besar di Indonesia, seperti Bandung,  Jakarta, Bali, dan Yogyakarta.

"Target kita tidak terlalu banyak. Karena ini pertama kalinya, kita akan fokus ke konsep acaranya. Kita mau kecil tapi impactnya yang besar. Yakni barista-barista ini melihat Toraja secara keseluruhan," pungkasnya.

Pendaftaran Barista Competition ini dibuka hingga 12 Desember 2016. Untuk pelaksanaannya akan digelar bertepatan dengan Puncak Lovely Toraja pada 29 Desember. Yang rencananya dihadiri oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.