03 December 2016 13:57 WITA

Jika di Jakarta, Coba Cicipi Jalangkote dari Tangan Anak Sulsel

Editor: Almaliki
Jika di Jakarta, Coba Cicipi Jalangkote dari Tangan Anak Sulsel

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Makanan khas Bugis-Makassar seperti Jalangkote, bukan hanya bisa dinikmati di daerah asalnya Sulawesi Selatan. Gorengan khas yang mirip dengan pastel ini, juga bisa dinikmati, meski harus berada di luar Sulsel, utamanya di Jakarta.

Adalah Dian, wanita perempuan asal Sampeang, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba. Ia yang menyediakan jajanan tradisional ini, meski berada di Jakarta.

Awalnya, dia bersama dengan rekan-rekannya yang berasal dari Sulsel, melaksanakan pertemuan sederhana di salah satu rumah di antara mereka. 

"Semua karena Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKS). Saya bertemu sama teman di rumahnya Ketua, Budi. Saya buat Jalangkote untuk dimakan bersama. Teman saya bilang, kalau rasa Jalangkoteku enak. Saya langsung inisiatif jualan," tuturnya.

Alhasil, baru sebulan saja pesanan sudah menumpuk dalam satu harinya. Bahkan, ia bisa memeroduksi sampai 500 biji per hari di rumahnya, di Graha Daelim Jl. Ciherang 3 no 72, Desa Sinoangan, Cikarang Utara.

Jika di Sulsel, biasanya dijual dengan cara diedar oleh anak-anak. Dian justru memanfaatkan media sosial. "Kebanyakan pesanan datang dari masyarakat Sulsel di Jakarta. Mereka hampir setiap saat pesan. Baik untuk dimakan sendiri, maupun di saat ada acaranya," ungkapnya, Sabtu (3/11/2016).

Kini Jalangkote Dian, sudah banyak diminati warga Jakarta. Baik di Cikarang, Tambun, Cibitung, Setu, hingga ke Bekasi. Utamanya penduduk asli di sana.