14 November 2016 16:34 WITA

Desember 2016, Saudi Airlines Terbang Perdana Makassar-Madinah

Editor: Jumardin Akas
Desember 2016, Saudi Airlines Terbang Perdana Makassar-Madinah

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penerbangan langsung perdana Saudi Airlines dari Makassar ke Madinah akan dilakukan pada 7 Desember mendatang. 

Branch Manager Makassar Saudia Airlines, Marwan Rizaldy mengatakan, dalam pernerbangan ini, pihaknya baru menyasar market jamaah umrah. Sehingga pihaknya baru menerapkan penerbangan oneway traffic.

"Jadi kita akan memulai penerbangan langsung dari Makassar ke Madinah, kemudian balik dari Jeddah ke Makassar. Market kita memang menyasar umrah langsung dari Makassar. Tapi tentunya kita akan memperluas market ke depannya. Tidak one way tetapi two way traffic," ungkapnya, saat ditemui di acara Phinisi Pop Up Gallery, Senin (14/11/2016).

Untuk penerbangan langsug ini, Saudia Airlines ini akan menggunakan pesawat boing 747 dengan kapasitas 450 sheets. Untuk sementara, pihaknya akan melakukan dua kali penerbangan dalam sebulan.

"Untuk penerbangan pertama, alhamdulillah sudah penuh 450 sheets. Tapi target kita pernerbangan langsung ini nantinya bisa dilakukan setiap hari. Karena ini dapat menghemat waktu bagi jamaah umrah," jelasnya.

Jika penerbangan Umrah biasanya dilakukan dalam waktu 15 jam, dengan adanya penerbangan langsung ini jamaah hanya akan melewati 10 jam perjalanan ke Madinah. Saat ini, pihak Saudia Airline sudah melakukan kerja sama dengan beberapa travel umrah. Namun ia berharap masih terus bertambah.

Sedangkan untuk melakukan two way trafic, atau medatangkan wisatawan dari Arab Saudi ke Makassar, pihaknya masih akan membicarakannya dengan Asita terkait pengembangan penerbangan langsung ini.