23 October 2016 19:42 WITA

PRESS TOUR AND MARINE EXCURSION

Pulau Kapoposang, Surga Bawah Laut di Sulawesi Selatan

Editor: Jumardin Akas
Pulau Kapoposang, Surga Bawah Laut di Sulawesi Selatan
foto: Vkar Sammana

RAKYATKU.COM - Kepulauan Spermonde di Sulawesi Selatan merupakan gugusan kepulauan dengan keindahan alam bawah laut. Terumbu karang alami dengam ragam warna membuat seluruh peserta Press Tour and Marine Excursion Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel takjub.

Bak surga dunia, pulau Kapoposang yang hanyga dihuni tak lebih dari 200 kepala keluarga memiliki keindahan yang menyejukkan mata. Perpaduan lautan hijau dan biru memacu adrenalin untuk menyelami lebih dalam kehidupan alam bawah laut.

Penulis mendapat kesempatan menyusuri bawah laut Pulau Kapoposang. Kesempatan langka ini tak disia-siakan. Berbekal keberanian, penulis turun ke laut dalam dibantu peralatan diving.

Bagaimana suasanannya? Sungguh sangat indah. Terumbu karang dengar hamparan warna-warni, ditambah dengan populasi ikan-ikan kecil dan besar membuat rasanya enggan beranjak.

Waktu setengah jam di tengah kehidupan bawah laut tak terasa. Pendamping diving kemudian mengarahkan tangannya ke atas, pertanda penulis harus mengakhiri petualangan yang indah ini.

Rasanya sangat sebentar waktu yang saya habiskan di lokasi ini. Namun saat saya mengarahkan mata ke pengukur oksigen, udaranya ternyata sudah nyaris habis.

"Begitulah kehidupan di bawah laut, keindahannya bisa membuat kita lupa waktu," kata pendamping diving, yang sepanjang perjalanan dipanggil dengan nama Tarzan.

Saat seluruh peserta Press Tour naik ke atas daratan, kami sudah dinanti oleh hidangan ikan segar yang dimasak rica-rica. "Ayo dicicipi, ini ikan baru. Pasti masih segar," ucap Sandro, kapten kapal kami yang sangat ramah sepanjang perjalanan.

Usai menyantap makanan, kami lalu menaiki kapal, dan bertolak ke pulau selanjutnya, Pulau Lanjukang atau pulau terluar Kota Makassar. 

Laporan: Vkar Sammana, Redaktur Rakyatku.com