17 October 2016 17:59 WITA

Aroma Kopi Asik Enrekang Tercium Hingga ke Mancanegara

Editor: Jumardin Akas
Aroma Kopi Asik Enrekang Tercium Hingga ke Mancanegara
Kopi Kaposi Enrekang

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Kopi Arabika Kalosi Enrekang, yang disingkat Asik terus menyebarkan aroma nikmatnya. Kopi yang tumbuh di pegunungan utara wilayah Enrekang ini jadi buruan investor, pedagang, pemilik kafe dan penikmat kopi hingga mancanegara.

Pemerintah Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan, melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) pun tak hentinya menyosialisasikan merek kopi Asik ini.

"Kopi Kalosi Enrekang dari puluhan tahun lalu telah menjadi merk dagang yang mendunia. Kita berharap kopi yang tumbuh di daerah Kalosi dan beberapa kecamatan di Enrekang ini bisa mengharumkan nama daerah seharum aromanya. Pastinya mengangkat derajat kesejahteraan masyarakat petani kopi di Enrekang," ujar Bupati Enrekang, Muslimin Bando.

Untuk lebih membumikan Kopi Asik ini, Kadis Pertanian dan Perkebunan Enrekang mengumpulkan puluhan pemilik usaha, pemilik kafe, dan para penikmat kopi di wilayah Makassar.

Media pun dilibatkan demi terus mendongkrak publikasi. Kopi ini telah lama jadi incaran, namun minim publikasi. "Kami ingin membuat kopi ini lebih dikenal lagi secara luas," ujarnya.

Secara geografis, Kabupaten Enrekang adalah daerah dengan ketinggian dan suhu yang cocok untuk tumbuh kembang jenis kopi Arabika Kalosi. Enrekang memiliki 12 ribu hektare lahan tanaman kopi yang tersebar di lima kecamatan.

Kopi ini tersebar di Baraka, Buntu Batu, Baroko, Bungin, dan Masalle dengan total produksi 700 ribu ton pertahunnya.