Kamis, 14 November 2019 02:00 WITA

5 Destinasi Desa Favorit untuk Mengurangi Stres Akibat Kehidupan Perkotaan

Editor: Adil Patawai Anar
5 Destinasi Desa Favorit untuk Mengurangi Stres Akibat Kehidupan Perkotaan
Desa Wae Rebo, Flores, Nusa Tenggara Timur.

RAKYATKU.COM - Sibuknya kehidupan perkotaan tidak jarang membuat diri kita penat dan butuh liburan singkat untuk mengembalikan energi. Jika kamu bingung untuk memilih destinasi, cobalah memikirkan untuk berlibur di desa.

Ya! Suasana desa yang nyaman dan tenang akan membuat kamu lebih rileks dan mendapatkan kembali energi untuk beraktivitas di Ibukota. Berikut rekomendasi RedDoorz untuk lima destinasi desa favorit untuk liburan singkat dari perkotaan.

1. Desa Wisata Kasongan, Bantul, Yogyakarta

Desa ini mengalami kemajuan yang cukup pesat berkat Sapto Hudoyo, seorang seniman besar di Yogyakarta, untuk membina masyarakatnya sebagai pengrajin gerabah. Sapto menambahkan sentuhan seni dan komersial bagi desain kerajinan gerabah yang mereka.

Kini, hasil kerajinan gerabah ini telah memasuki pasar ekspor ke berbagai negara di Eropa dan Amerika. Sebagai kawasan wisata, Desa Kasongan dapat dijadikan wisata edukasi karena para wisatawan dapat belajar langsung bagaimana membuat gerabah.

2. Desa Mentawir, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara

Desa yang dekat dengan lokasi Ibukota baru nantinya, menyimpan potensi wisata dengan hutan mangrove yang tenang dan menjadi hunian bagi berbagai jenis hewan khas Kalimantan. Seperti Pesut Etam serta hutan bambu yang panjangnya sekitar empat kilometer. Desa ini dapat ditempuh dalam dua jam dari Balikpapan. Pemerintah setempat pun terus menggalakkan industri kreatif rumah tangga berupa pembuatan sirup dari buah pidada atau buah mangrove.

Loading...

3. Desa Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur
Desa ini dijadikan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat masyarakat dan wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan seru dengan alam. Mulai dari memetik sayur, pengolahan suus, hingga wisata alam lainnya. Dikelilingi perbukitan, membuatmu bisa menghirup udara sejuk dengan pemandangan hijaunya sawah warga.

4. Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah

Desa Ponggok dikembangkan dengan desa wisata air karena memiliki potensi air yang melimpah. Di desa ini terdapat beberapa mata air atau umbul. Di setiap umbul, dapat dijumpai pemandangan alam yang indah serta air yang jernih. Dengan didukung suasana pedesaan yang asri sehingga sangat sesuai jika desa ini dikembangkan menjadi sebuah desa wisata.

5. Desa Wae Rebo, Flores, Nusa Tenggara Timur

Wae Rebo merupakan desa tradisional di sebuah kawasan terpencil di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapai desa ini, kamu harus mendaki karena letaknya berada di ketinggian 1000 mdpl. Ketika sampai atas, kamu akan menemukan desa ini dikelilingi perbukitan hijau, hutan yang asri, dan kabut yang mengitari desa. Rumah-rumah adat pun dipertahankan keasliannya untuk memberikan keunikan tersendiri bagi desa Wae Rebo.

Loading...
Loading...