Sabtu, 06 Agustus 2016 02:03 WITA

Kopi Kulawi, Idola Pelancong di Sulawesi Tengah

Penulis: M. Qadri
Editor: Andi Chaerul Fadli
Kopi Kulawi, Idola Pelancong di Sulawesi Tengah
Turis Asing di Banoea Coffee

RAKYATKU.COM, TOJO UNAUNA - Apalagi keistimewaan Sulawesi Tengah selain daerah yang dilintasi garis Khatulistiwa? Wisata pantai sampai hutan cukup ampuh memesona mata para pelancong.

Namun ada hal lain yang bisa menjadi daya tari para turis dari domestik maupun mancanegara. Kopi Kulawi satu di antara beragam magnit untuk wisatawan.

Namanya mungkin masih asing di telinga beberapa penikmat kopi. Beda jauh dari kopi Toraja yang masih serumpun dari pulau Sulawesi.

Kulawi merupakan nama daerah yang menjadi satu dari dua pemasok kopi robusta di daerah Palu.

Kopi Kulawi, Idola Pelancong di Sulawesi Tengah

Menu lokal inilah yang kerap diseruput pelancong dari berbagai daerah di kawasan Ampana, Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Di Banoea Coffee misalnya, Kopi Kulawi menjadi menu andalan bagi turis asing. Hampir tiap hari para pelancong yang mampir mencari menu ini.

“Ya dari bicara orang ke orang, di negara kami, kopi Kulawi sangat enak dan nikmat ketika diproses dengan alat seduh jenis sifon,” ujar Selka, wisatawan asal Belanda.

"Dan kami sangat senang ketika menikmati matahari tenggelam dari Ampana. Minum segelas kopi Kulawi dan merasakan pedisnya Rica Pisang Goreng."

Loading...
Loading...

Berita Terkait