Selasa, 25 Juni 2019 02:00 WITA

Blue Cheese Pecahkan Guinness World Record, Apa Istimewanya?

Editor: Nur Hidayat Said
Blue Cheese Pecahkan Guinness World Record, Apa Istimewanya?
Foto: Guinness World Records.

RAKYATKU.COM - Blue cheese dikenal dengan aroma tajam menyengat, dan warna kebiruan dari jamur yang tumbuh. Keju tersebut berhasil dijual ratusan juta.

Blue cheese sudah ada sejak abad ke-7, yang pertama kali diciptakan di Prancis. Baru-baru ini pemilik restoran Llagar de Colloto di Spanyol, mampu memecahkan Guinness World Record, setelah berhasil membeli blue cheese seberat 2,6 kg seharga $16.142 (Rp228.686.942).

Dikabarkan UPI, harga blue cheese yang sangat mahal ini, terletak pada jenis kejunya. Blue cheese ini berjenis Cabrales, di mana merupakan jenis artisan blue cheese paling kuat di dunia. 

Sang pemilik restoran bernama Ivan Suarez, membeli keju mahal ini dari pabrik keju Valfriu.

Keistimewaan blue cheese Cabrales ini, terletak pada proses pematangannya yang disimpan di pegunungan Picos de Europa, Spyanyol. 

Dibutuhkan waktu sekitar 3-6 bulan di dalam gua gunung, dengan para penggembala yang menggosok serta memutar keju, yang dibutuhkan dalam proses pematangan blue cheese.

Meski punya harga yang sangat mahal dan aroma yang tajam menyengat, rupanya blue cheese termahal di dunia ini diminati banyak orang. 

Setidaknya ada 15 pemilik restoran yang menawar blue cheese ini dengan harga tinggi.

"Sepertinya tidak ada batasan harga dari pelelangan keju ini yang berlangsung selama dua jam. Para penonton tampak bersemangat dan bertepuk tangan tanpa henti," ungkap salah satu perwakilan dari pabrik keju Valfriu.

Loading...
Loading...

Berita Terkait