Minggu, 24 April 2016 13:23 WITA

Apparalang, Pesaing Pantai Bira dengan Tebing Eksotis dan Laut Biru

Penulis: Rahmatullah
Editor: Jumardin Akas
Apparalang, Pesaing Pantai Bira dengan Tebing Eksotis dan Laut Biru

RAKYATKU.COM - Pantai Bira mungkin tak lagi asing bagi warga Sulsel bahkan mungkin para pecinta wisata se-Nusantara.

Namun, Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan masih menyimpan satu lagi keindahan alam yang tak kalah cantiknya. 

Deretan tebing eksotis dan air laut yang biru menjadi daya tarik tersendiri bagi destinasi yang satu ini. Paduan keindahan itu dapat Anda temui di Pantai Apparalang.

Pantai ini terletak di Desa Ara Kecamatan Bintobahari. Letaknya sekira 1 kilometer arah utara pantai Bira atau 40 kilometer dari Kota Bulukumba. Tempat ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Papua, dan Sulawesi sendiri.

Apparalang berasal dari dua suku kata,  Appa dalam bahasa lokal Desa Ara berarti lantai/dasar bawah dan Ralang yang bermakna di dalam. Jika digabungkan, Apparalang berarti dasar pantai bagian dalam.

Menurut keterangan warga setempat, air pantai ini dulunya sering surut sehingga banyak masyarakat menjadikannya akses jalan yang menghubungkan Pantai Sesa Bira dan Desa Ara.

Loading...

Tempat ini juga sering dijadikan objek pembuatan film pendek dan tempat para pemanjat tebing menguji adrenalin.

Para pengunjung cukup membayar Rp5.000 untuk tiket. Pengunjung sudah bisa menikmati alam laut yang eksotis dengan pemandangan bawah laut yang laur biasa indahnya.

"Waaaw.. Keren banget, ini kali pertama saya datang. Kita bisa selfie dengan objek tebing pantai yang keren, apalagi kalo kita menyelam Terumbuh karangnya cantik-cantik," kata Anita, Mahasiswi asal Bandung.

Jika Anda pecinta nuansa pantai, maka Apparalang adalah salah satu pilihan yang tak boeh Anda lewatkan. 

Loading...
Loading...