Senin, 01 April 2019 12:30 WITA

Advetorial

Yadnya Kasadha dan Bromo Exotica di Jawa Timur, Pengalaman Wisata Tak Terlupakan

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Yadnya Kasadha dan Bromo Exotica di Jawa Timur, Pengalaman Wisata Tak Terlupakan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Yadnya Kasada adalah upacara adat suku Tengger yang memeluk agama Hindu yang diselenggarakan di lereng dan kawah Gunung Bromo setiap tahunnya pada hari ke-14 bulan Kasada. Simak artikel berikut ini untuk lebih tahu soal Yadnya Kasadha dan Bromo Exotica.

Yadnya Kasada adalah upacara adat suku Tengger yang memeluk agama Hindu yang diselenggarakan di lereng dan kawah Gunung Bromo setiap tahunnya pada hari ke-14 bulan Kasada. Upacara adat ini sifatnya wajib dan tetap tidak boleh diabaikan bahkan meski sedang terjadi erupsi, hujan deras, atau bahkan angin kencang sekalipun. Prosesi ini harus tetap dilaksanakan apapun kondisinya.

Suku Tengger memiliki keyakinan kalau dengan menggelar ritual Yadnya Kasada, segala malapetaka akan dijauhkan dan hasil bumi serta ternak dipercaya akan melimpah untuk kelangsungan hidup mereka. Ritual ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu sebagai bentuk ungkapan syukur kepada dewa.

Yadnya Kasada & Bromo Exotica biasa diadakan pada 29-30 Juni. Dimana rangkaian acara pertama dimulai dari pertunjukan Bromo Exotica yang berisi pertunjukan seni lintas budaya seperti; parade jaranan Tengger Reog Ponorogo, topeng Hudoq Dayak Kalimantan Timur, dan masih banyak lagi.

Seluruh rangkaian acara yang diselenggarakan di kaki Gunung Bromo ini akan memberikan pengalaman berwisata yang tak terlupakan. Suasana damai Gunung Bromo dan keindahan matahari terbit yang bisa Anda saksikan menjadi poin penting untuk destinasi ini Anda jadikan list-to-go di waktu liburan.

Setelah seharian dihibur dengan rangkaian acara Bromo Exotica, ritual Yadnya Kasada akan dimulai sesaat setelah matahari sudah tenggelam. Para suku Tengger biasanya melarung sesaji persembahan dalam bentuk tanaman; mulai dari pertanian, perkebunan, peternakan hewan, dan sebagainya ke kawah gunung.

Apabila Anda ingin mengikuti festival ini pastikan membawa kamera untuk mengabadikan momen disana ya! Anda bisa berfoto di beberapa kawasan seperti; kawasan pasir berbisik (kaldera pasir), tangga menuju kawah Bromo yang memiliki sekitar 240 anak tangga yang bisa Anda jadikan background foto Anda, sampai berfoto di kawah Gunung Bromo sebagai momen pengabadian bahwa Anda pernah berkunjung ke Bromo.

Loading...

Namun jika Anda lebih tertarik dengan kawasan perbukitannya, Anda dapat mengambil foto di Gunung Batok yang terletak diantara Gunung Bromo dan Gunung Semeru yang jika dilihat dari kejauhan tampak tertutupi oleh tumbuhan berwarna hijau atau Anda bisa ber-selfie ria di Bukit Teletubbies yang memiliki pemandangan hijau yang bergelombang sejauh mata memandang.

Setelah seharian mengikuti rangkaian acara Bromo Exotica dan Yadnya Kasadha, pastikan Anda telah membooking hotel di dekat kawasan Bromo untuk dijadikan tempat Anda beristirahat. Hotel yang paling sering dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang strategis dan harganya yang terjangkau adalah Yoschi’s Hotel. Berarsitektur khas Bali, Anda bisa memesan kamar di hotel ini mulai dari Rp250.000 saja!

Namun, apabila Anda lebih menyukai nuansa hotel yang lebih modern namun tetap dengan budget yang terjangkau. Anda bisa memesan kamar di Bromo Park Hotel dengan kisaran harga mulai dari Rp320.000.

Setelah Bromo Anda dapat melanjutkan perjalanan wisata Anda ke Surabaya! Kota dengan berbagai macam spot sejarah yang bisa Anda kunjungi ini akan menjadi penutup yang cantik sebelum Anda mengakhiri perjalanan liburan Anda. Cari tiket pesawat murah ke Surabaya dan pesan hotel semudah ketukan jari dari layar smartphone Anda!

Liburan akan terasa menyenangkan bila Anda telah merencanakan kegiatan apa saja yang akan Anda lakukan dan juga acara apa saja yang ingin Anda datangi. Jangan lupa pastikan bahwa acara yang ada dalam agenda liburan Anda memang benar-benar suatu acara yang sangat ingin Anda hadiri ya!
 

Loading...
Loading...