Selasa, 19 Februari 2019 18:40 WITA

Kebenaran Yang Mengejutkan: Ternyata Pisang Adalah Beri

Editor: Suriawati
Kebenaran Yang Mengejutkan: Ternyata Pisang Adalah Beri
INT

RAKYATKU.COM - Kebanyakan orang dapat dengan mudah membedakan buah dan sayuran. Namun, perbedaan antara berbagai jenis buah masih kurang jelas.

Salah satu contohnya adalah pisang. Kita semua pasti menyebutnya sebagai buah, tapi dalam ilmu botani ternyata itu adalah beri.

Apa perbedaan antara buah dan beri?
Kata buah digunakan untuk menggambarkan struktur tanaman berbunga yang manis, berdaging, dan berbiji.

Buah adalah organ reproduksi dari tanaman tersebut, dan fungsi utamanya adalah untuk mendistribusikan benih ke daerah baru di mana tanaman dapat tumbuh.

Nah, mereka dapat dibagi menjadi beberapa subkategori, dan salah satunya adalah beri.

Pisang adalah beri
Meskipun ini kedengarannya mengejutkan, secara botani, pisang dianggap sebagai buah beri.

Untuk dianggap beri, buah harus berkembang dari satu ovarium tunggal dan umumnya memiliki kulit lunak dan mesocarp berdaging. Endocarp juga harus lunak dan dapat memiliki satu atau lebih biji.

Loading...

Pisang memenuhi semua persyaratan ini. Mereka berkembang dari bunga yang mengandung satu ovarium tunggal, memiliki kulit yang lembut dan bagian tengah yang berdaging. Selain itu, pisang mengandung beberapa biji.

Terkejut? Yah, memang banyak yang terkejut mengetahui bahwa pisang diklasifikasikan sebagai buah beri.

Kebanyakan orang menganggap buah beri sebagai buah kecil yang bisa dipetik dari tanaman, seperti stroberi, raspberry, dan blackberry. Namun, secara botani, buah-buahan ini tidak dianggap sebagai buah beri karena mereka berkembang dari bunga dengan banyak ovarium. Itu sebabnya mereka sering dikategorikan sebagai buah agregat.

Berikut adalah buah-buahan tak terduga lainnya yang dianggap berry, secara botani:

  • Tomat
  • Anggur
  • buah kiwi
  • Alpukat
  • Paprika
  • Terong
  • Jambu biji

Sama seperti pisang, semua buah-buahan di atas berkembang dari bunga yang mengandung satu ovarium, memiliki bagian tengah berdaging dan mengandung satu atau lebih biji. Ini membuat mereka berry botani, meskipun jarang dianggap seperti itu.

Loading...
Loading...