Jumat, 28 Desember 2018 06:01 WITA

Berikut 10 Tempat Wisata di Solo yang Layak Dikunjungi

Editor: Adil Patawai Anar
Berikut 10 Tempat Wisata di Solo yang Layak Dikunjungi

RAKYATKU.COM - Solo merupakan salah satu kota yang memiliki banyak daya tarik bagi wisatawan. Pasalnya, ada beragam destinasi wisata di Solo yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam, budaya, dan sejarah. Di kota ini pun muncul banyak destinasi wisata baru yang tak kalah menarik. Jika Anda mempunyai rencana untuk berlibur ke Solo, sewa mobil tentu menjadi hal penting selain hotel. Moda transportasi ini bisa membuat Anda puas menjelajahi berbagai destinasi populer. Selain itu, Anda bisa mengatur waktu jalan-jalan secara mandiri.

Tak perlu bingung, saat ini sudah banyak tersedia jasa sewa mobil Solo. Anda bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk mendukung perjalanan selama liburan Natal atau tahun baru. Jika Anda ingin berlibur menggunakan jasa penyewaan mobil untuk liburan, sebaiknya simak 10 rekomendasi destinasi wisata terbaru yang harus Anda kunjungi di sekitaran Kota Solo.

1. De’ Tjolomadoe

De’ Tjolomadoe dulunya bernama Pabrik Gula Colomadu, Karanganyar. Namun, pada tahun 2017 lalu direvitalisasi menjadi tempat wisata sekaligus sebagai kawasan bisnis. Di sini, Anda bisa melihat bekas mesin-mesin raksasa pabrik gula yang digunakan sebagai dekorasi ruangan. Anda pun bisa menyusuri sejumlah area, seperti area F&B, Art&Craft, hingga Tjolomandoe Hall.

2. The Heritage Palace

Satu lagi bangunan revitalisasi pabrik bisa dijadikan alternatif liburan. Namanya The Heritage Palace yang merupakan destinasi wisata baru hasil revitalisasi Pabrik Gula Gembongan, Kartasura. Di dalamnya, Anda bisa mengunjungi Museum 3D, Museum Transportasi, dan Omah Walik. Mau berfoto juga puas karena tempat ini menawarkan nuansa Eropa klasik sehingga foto menjadi lebih unik dan instagramable.

3. Koridor Gatsu

Inilah tempat yang instagramble untuk foto karena menarik dipamerkan di media sosial. Tepatnya di jalur pedesterian Jalan Gatot Subroto, Solo, Anda bisa melihat banyak dinding pertokoan dengan latar karya mural. "Galeri" ini tak hanya mengubah wajah urat nadi perdagangan Kota Solo menjadi ruang yang lebih indah, tetapi Anda pun bisa berfoto dan rekreasi bersama keluarga.

4. The Lawu Park

Ingin menikmati suasana yang sejuk dengan beragam aktivitas menarik bersama keluarga? Coba kunjungi The Lawu Park. Berlokasi di Karanganyar, Anda bisa berburu aneka kuliner, bermain dengan kelinci di Taman Cempe, belanja oleh-oleh khas di Taman Pasar Dieng, atau sekedar berfoto di berbagai spot instagenic. Fasilitas di sini kian lengkap dengan banyaknya permainan out bond, flying fox, sky walk, dan lainnya.

5. Pasar Klewer Baru

Nama Pasar Klewer memang sudah populer di kalangan wisatawan. Namun, pascakebakaran beberapa tahun lalu, Pasar Klewer kini berubah wajah sejak tahun 2017. Bangunan baru dengan fasilitas yang lengkap memberikan kenyamanan bagi Anda untuk berbelanja aneka batik, kerajinan tangan, maupun berburu kuliner atau jajanan khas. Tentu, pengalaman berbeda ini tak boleh dilewatkan begitu saja.

6. Batu Seribu

Tempat ini ini terkenal dengan keindahan salah satu spot-nya, Bukit Sepikul. Suasana yang masih alami dan panorama bukit batu yang indah juga menjadi daya tarik lainnya untuk ke sini. Selain itu, lokasi wisata ini memiliki fasilitas lengkap, seperti kolam renang, area out bond, hingga spot-spot selfie yang menarik. Jika berminat, lokasi Batu Seribu masuk kawasan Geopark Pegunungan Seribu di Desa Gentan, Sukoharjo.

Untuk mendapatkan perjalanan yang nyaman dan menyenangkan, berkunjung ke tempat ini menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil Solo bisa jadi rekomendasi bagi Anda. Disadari atau tidak, penggunaan mobil sesuai kebutuhan berkaitan erat dengan kepuasan, kenyamanan, dan keselamatan Anda. Berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain dan menjelajahi banyak tempat juga menjadi nyaman tanpa khawatir kehujanan atau kepanasan.

7. Transformer Park

Sedang mencari spot selfie unik di Solo? Coba mampir ke Transformer Park yang banyak dikunjungi anak muda Solo dan wisatawan. Sesuai namanya, Anda bisa berfoto dengan latar rongsokan truk terbengkalai yang disusun bertumpuk-tumpuk. Hasil fotonya pun seakan mirip setting di film Transformer. Mau coba? Datang saja ke Transformer Park yang letaknya dekat Universitas Muhammadiyah Surakarta.

8. Bendungan Colo

Bendungan Colo di Kabupaten Sukoharjo dibangun untuk menahan aliran sungai Bengawan Solo. Namun, di musim kemarau, bendungan ini banyak dikunjungi anak muda Solo untuk berfoto dengan latar konstruksinya yang gagah. Pintu bendungan yang menjulang tinggi dengan bebatuan beton pemecah arus yang tersusun rapi juga menjadi spot berfoto terbaik kawasan bendungan ini.

9. Taman Lampion Taman Satwa Taru Jurug

Taman Lampion letaknya masih di dalam area Taman Satwa Taru Jurug. Baru dibuka awal tahun 2018, aneka lampion yang indah dipadukan dengan hiasan kerlap-kerlip lampu yang berwarna-warni menciptakan suasana yang meriah. Karena itu, tak heran jika banyak wisatawan berfoto di tempat ini. Selain itu, Anda bisa menikmati atraksi air mancur menari atau mengunjungi wahana permainan untuk anak-anak.

10. Bukit Sekipan

Terletak di Tawangmangu, Bukit Sekipan menyajikan berbagai wahana yang menarik. Anda bisa mencoba bermain out bond, mengunjungi Rumah Halloween, berenang di waterboom, berburu kuliner, hingga duduk santai di area taman. Tak ketinggalan, spot foto yang unik ala landmark top dunia hingga rumah-rumah adat khas Indonesia juga bakal memuaskan hobi berfoto Anda.

Sumber: wartaekonomi