Senin, 24 Desember 2018 14:32 WITA

Kemenpar Gelar Lomba Menulis Cerita Liburan di Media Sosial, Yuk Ikutan!

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Kemenpar Gelar Lomba Menulis Cerita Liburan di Media Sosial, Yuk Ikutan!

RAKYATKU.COM - Kementerian Pariwisata menggelar Lomba Cerita Liburan Akhir Hingga Awal Tahun di sosial media.

Bagi kalian yang sudah memiliki rencana liburan di akhir maupun di awal tahun, bisa berbagi cerita tentang keseruan liburan.

Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi dan Media, Don Kardono, menjelaskan, lomba dibuka pada 27 Desember 2018 hingga 7 Januari 2019. Tema umumnya adalah keseruan liburan selama akhir hingga awal tahun ini.

“Untuk mengikutinya sangat mudah. Silakan explore salah satu destinasi Wonderful Indonesia,” ujar Don Kardono, yang dikutip dari Okezone.

Kalian bisa bercerita lewat foto, bikin vlog dan video, atau membuat kultwit cerita liburan kalian. Dan mengunggahnya pada media sosial Instagram, Facebook dan Twitter.

Sebelumnya, terlebih dulu follow akun @kemenpar dan @pesonaid_travel. Dan jangan lupa sertakan hastag 
#LombaCeritaLiburanAkhirDanAwalTahun, 
#PesonaCeritaLiburanAkhirDanAwalTahun, 
#CeritaLiburanAkhirDanAwalTahun, 
#PesonaIndonesia 
#WonderfulIndonesia.

“Peserta bisa menceritakan seperti apa sensasinya, istimewanya, lokasinya, suasananya, dan lain-lain. Pokoknya bagaimana foto, video dan tulisan tersebut dapat menggugah atau mengajak yang lain untuk datang,” jelasnya.

Kali ini mekanisme penilaiannya sedikit berbeda. Misalnya untuk postingan di Instagram dan Facebook, selain foto atau video dan caption yang menarik, penilaian utama adalah interaksi yang terjadi pada postingan peserta lomba.

"Like, share dan terutama interaksi pada kolom komentar. Posting lebih awal dan sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan interaksi yang besar," tuturnya.

Khusus Twitter, poin utama penilaian postingan di Twitter adalah cerita yang menarik tentang keseruan liburan kalian dalam bentuk kultwit.

Kemenpar menyediakan total hadiah Rp150 juta untuk lomba ini. Pemenang lomba akan diumumkan pada 8 Januari 2019.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, ini adalah waktu yang tepat menggelar lomba. Menurutnya, akhir tahun adalah momen liburan yang pas.

"Jadi jangan anggap ini sebuah kompetisi, anggaplah ini adalah sebuah sumbangsih kita untuk memperkenalkan dan menceritakan keindahan wisata kita. Hadiah itu bonusnya, jangan lupa ikutan ya," ajak Menpar Arief Yahya.