Minggu, 23 Desember 2018 08:41 WITA

Yuk Perosotan dan Berenang di Sumur Baskom Sulsel

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Aswad Syam
Yuk Perosotan dan Berenang di Sumur Baskom Sulsel
Bujung Makkatoangnge, salah satu objek wisata yang layak jadi referensi Anda menghabiskan liburan.

RAKYATKU.COM, BARRU—Libur telah tiba. Ke mana Anda mengisi liburan bersama keluarga pekan ini? Jika belum ada rencana, Bujung Makkatoangnge bisa jadi pilihan.

Bujung Makkatoangnge, sebuah tempat wisata alam di Desa Manuba, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Dalam bahasa Bugis, Bujung Makkatoangge diartikan sebagai  sumur berebentuk baskom. Lokasinya merupakan sebuah aliran sungai dengan pemandangan menakjubkan. 

Selain airnya yang jernih, juga terdapat perosotan yang terbentuk secara alami, dari batu cadas yang terkikis air sungai, yang memungkinkan  Anda berseluncur dan langsung berenam di dalam kolam sedalam kurang lebih 3 meter. 

Yuk Perosotan dan Berenang di Sumur Baskom Sulsel

Percikan air dari lokasi tebing setinggi 7 meter, juga memungkinkan Anda menguji adrenalin dengan melompat ke kolam.

Lokasi Bujung  Makkatoangge, terletak sekira 140 kilometer dari arah Makassar. Meskipun belum dikelola dengan profesional, permandian alam yang masih alami dan asri ini, mudah diakses. Karena, sebagian akses jalan ke lokasi telah dibetonisasi. 

Kita hanya perlu berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter dari jalan. Namun jangan khawatir, sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi dengan hijaunya areal persawahan serta rimbunnya pohon yang membuat hati menjadi sejuk. 

Jika beruntung, Anda juga bisa bertemu kawanan monyet liar, yang menjadi penghuni asli kawasan tersebut.

Irfan, seorang warga  mengaku, objek wisata ini telah lama ditemukan warga. Awalnya, selain sebagai sumber air bersih bagi warga sekitar, objek wisata ini juga digunakan sebagai  tempat menggelar upacara adat sebelum menanam padi. Namun, keindahannya menyedot perhatian traveler atau wisatawan. Kini menjadi tempat liburan yang hits sejak beberapa bulan terakhir, setelah tereskpos lewat media sosial.

“Akhirnya sejak beberapa bulan terakhir, sudah banyak warga di luar desa kami yang datang bahkan sudah ada dari luar Sulawesi,”urai Irfan.

Rizka Mustika Aminah, salah satu traveler dari Kota Parepare, mengaku takjub dengan pemandangan alam di lokasi permandian ini.

“Airnya bukan hanya sejuk, juga jernih untuk mandi. Tiupan angin yang sepoi-sepoi di bawah rimbunnya pepohonan, juga membuat kita ingin tidur dan bersantai. Sayang saya tidak bawa Hammock,” jelas dia.

Loading...