Rabu, 19 Desember 2018 18:07 WITA

Walang Kopi Sibu Sibu, Tempat Nongkrong Asyik Bernuansa Tradisional di Ambon

Editor: Nur Hidayat Said
Walang Kopi Sibu Sibu, Tempat Nongkrong Asyik Bernuansa Tradisional di Ambon
Walang Kopi Sibu Sibu. (Foto: CNN Indonesia)

RAKYATKU.COM - Ambon merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi tujuan banyak pelancong. Selain menghabiskan waktu untuk mengeksplorasi keindahan alam dan kekayaan budaya, di Ambon juga terdapat banyak tempat nongkrong asyik. 

Sebagai Ibukota Provinsi Maluku, Ambon menghadirkan berbagai jenis tempat nongkrong yang kekinian. Mulai dari kafe yang bernuansa modern dan artistik, hingga rumah kopi dengan sajian lokal yang menggugah selera. 

Salah satu tempat nongkrong yang wajib Anda kunjungi adalah Walang Kopi Sibu Sibu yang terletak di Jalan Said Perintah. Lokasinya mudah Anda temukan karena terletak di tepi jalan raya dan berdekatan dengan Tugu Trikora. Sibu Sibu tak hanya menjadi tempat tujuan favorit bagi para wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara. 

Representasi Budaya Maluku
Walang Kopi Sibu Sibu sudah lama didirikan, tepatnya pada awal April 2006. Dalam bahasa lokal, kata Sibu Sibu memiliki arti ‘angin sepoi-sepoi’. Sementara walang sendiri dapat diartikan sebagai tempat singgah atau tempat istirahat. 

Sibu Sibu memiliki slogan 'Hail Buan Lansyik' yang berarti saung pelepas penat. Dengan itu, pemiliknya menaruh harapan besar bahwa tempat ini bisa menjadi pelepas lelah bagi setiap pengunjung yang datang. 

Tak ada yang istimewa dari tampilan luar tempat ini. Namun, ketika melangkahkan kaki ke dalamnya, suasana tradisional Maluku sangat kental terasa. Anda akan langsung disambut oleh pelayan yang mengenakan baju khas Ambon, yang disebut baju cele. 

Interior Sibu Sibu pun terbilang unik karena menyajikan desain dengan nuansa lawas. Sementara itu, pada bagian dinding, dihiasi pajangan foto-foto tokoh terkenal berdarah Maluku. Mulai dari musisi Belanda, Daniel Sahuleka hingga diva kenamaan Indonesia, Ruth Sahanaya. Ada juga beberapa model dan olahragawan luar negeri yang tak begitu akrab bagi kita. 

Sembari menikmati kopi, Anda akan ditemani dengan musik khas Maluku yang disetel, mulai dari musik tahun 70-an hingga masa kini. Umumnya, jenis musik yang diputar di Sibu Sibu adalah folks, pop, jazz serta Hawaiian. Jika beruntung, Anda pun dapat mendengarkan live musik dari para musisi lokal. 
 
Mencicipi Kopi Rarobang

Loading...

Walang Kopi Sibu Sibu, Tempat Nongkrong Asyik Bernuansa Tradisional di Ambon

(Foto: Tribunnews)
 
Tak lengkap rasanya bila datang ke Sibu Sibu namun tak menikmati menu unggulannya yakni kopi Rarobang. Minuman ini terbuat dari biji kopi robusta yang dicampur dengan bubuk cengkeh dan jahe. Sebagai taburan, di atas kopi akan ditambahkan irisan kacang kenari yang sudah disangrai.

Kalau tak suka kopi pahit, Anda bisa memesan kopi susu atau meminta tambahan madu dari pelayan. Kopi Rarobang biasanya dinikmati para penduduk lokal untuk memulihkan kondisi tubuh yang lelah. Karena itu, sangat cocok dinikmati selepas perjalanan jauh. 

Bila ingin menikmati secangkir kopi khas Ambon ini, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp15.000,- saja. Cukup murah bukan? Namun, bila enggan minum kopi, di sini juga tersedia berbagai macam minuman mulai dari teh hingga jus buah segar. 

Sambil menikmati minuman, walang kopi Sibu Sibu juga menyajikan banyak hidangan kue khas Ambon. Bila suka yang bercita rasa manis, Anda bisa mencicipi Talam Sagu, Koyabu dan Panekuk. Sementara untuk yang bercita rasa gurih, cobalah Namu-Namu atau gogos. Rata-rata kue dijual dengan cukup murah yakni mulai dari Rp3.000 per buah. 

Untuk mencicipi kenikmatan kopi Rarobang yang tiada taranya, segera atur jadwal perjalanan dan booking tiket murah menuju Ambon melalui Airy. Anda dapat memilih sesuai dana dan kebutuhan Anda di Airy. 

Jangan lupa juga untuk cari tiket promo Citilink, Garuda, Batik Air, AirAsia, dan lain-lain agar perjalanan Anda menjadi semakin hemat.

Tags
Loading...
Loading...