Rabu, 19 Desember 2018 18:03 WITA

Berwisata Hemat ke Kota Padang Bisa Dilakukan dengan 5 Cara Ini

Editor: Nur Hidayat Said
Berwisata Hemat ke Kota Padang Bisa Dilakukan dengan 5 Cara Ini
Foto: Takaitu.

RAKYATKU.COM - Sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Barat, Padang menjadi salah satu destinasi wisata dalam negeri yang banyak digemari oleh wisatawan lokal di Indonesia. Pasalnya, kota ini menghadirkan beragam pilihan objek wisata yang dapat dikunjungi sendiri, bersama teman, maupun bersama keluarga.

Namun, bagi sebagian wisatawan, terutama yang berasal dari Pulau Jawa, berwisata ke Kota Padang cukup membutuhkan dana yang lumayan besar, baik untuk tiket pesawat pulang-pergi, biaya sewa akomodasi, maupun biaya untuk menjelajahi kota tujuan wisata. Nah, agar Anda tetap bisa berhemat saat berwisata ke Kota Padang, lima tips berikut bisa menjadi panduan.

1. Tentukan waktu berwisata di luar musim liburan
Di musim liburan atau peak season, kota-kota tujuan wisata biasanya diminati lebih banyak wisatawan. Pada akhirnya, harga tiket penerbangan bisa meningkat dari biasanya. Belum lagi penginapan murah yang sudah penuh terisi. Hal yang sama juga berlaku untuk Kota Padang. Kota ini biasanya penuh saat akhir dan awal tahun, dari bulan November, Desember, hingga Januari.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa berkunjung di pertengahan tahun pada pertengahan Juli hingga awal Agustus. Pada waktu-waktu tersebut, Padang biasanya tidak dikunjungi terlalu banyak wisatawan, sehingga Anda bisa mendapatkan tiket penerbangan atau biaya hotel yang tidak terlalu mahal. Berjalan-jalan di berbagai objek wisata pun bisa dilakukan dengan lebih leluasa karena suasananya yang tidak begitu ramai.

2. Pilihlah tiket penerbangan murah atau sedang promo
Tiket pesawat ke Padang menjadi salah satu hal yang bisa menguras bujet liburan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memilih tiket pesawat ke Padang dengan mencari maskapai seperti Garuda Indonesia yang menyediakan promo penerbangan atau penawaran harga tiket yang terjangkau. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan harga penerbangan terbaik ke Kota Padang adalah dengan membandingkan harga tiket pesawat yang ditawarkan oleh berbagai maskapai di situs Airy Tiket Pesawat.

3. Menginap di hotel bujet
Selain berhemat saat memesan tiket penerbangan, Anda pun perlu memilih fasilitas penginapan yang menawarkan harga terjangkau. Untuk hal ini, hotel bujet bisa menjadi pilihan utama. Anda dapat menemukan sejumlah pilihan hotel bujet dengan sangat mudah di pusat kota maupun di lokasi yang dekat dengan objek wisata di Padang.

Meskipun harganya murah, hotel bujet menawarkan fasilitas menginap yang cukup lengkap. Dengan begitu, Anda tetap dapat merasakan pengalaman menginap yang nyaman.

Loading...

4. Gunakan mode transportasi yang tepat
Saat menjelajahi Kota Padang, ada sejumlah pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan. Anda bisa memilih menggunakan transportasi umum yang biasa digunakan warga lokal atau menyewa kendaraan roda dua maupun roda empat. Pilihan tersebut bisa disesuaikan dengan agenda liburan Anda.

Jika Anda berencana untuk berkunjung ke berbagai objek wisata yang letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota, transportasi umum adalah pilihan terbaik. Namun, jika tujuan wisata Anda cukup jauh, akan lebih hemat dan praktis jika Anda menyewa kendaraan untuk digunakan sendiri. 

5. Pintarlah menawar saat berburu oleh-oleh
Meski bukan hal yang wajib, berburu oleh-oleh menjadi aktivitas liburan yang cukup seru untuk dilakukan. Jika Anda tetap ingin berhemat saat mencari souvenir atau oleh-oleh yang tepat, berkunjunglah ke pasar tradisional. Di hampir seluruh lokasi pasar tradisional Kota Padang, penjualnya sudah lazim dengan kegiatan tawar-menawar. 

Jadi, Anda pun bisa menawar oleh-oleh yang diinginkan untuk mendapatkan harga terbaik. Namun, ingatlah untuk tetap menawar dengan harga yang masuk akal dan selalu bersikap sopan kepada penjual.

Itulah lima tips berhemat yang bisa Anda lakukan saat berwisata ke Kota Padang. Semoga tips di atas bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin berwisata tanpa mengeluarkan banyak biaya. Selamat berlibur!

Tags
Loading...
Loading...